3 Penyakit Akibat Infeksi Virus & Bakteri

 

Sebenarnya lingkungan sekitar kita tidaklah bebas dari sumbersumber penyakit berupa virus, bakteri, protozoa, jamur, cacing, kutu bahkan serangga (nyamuk aedes aegypti). Bahkan hewan peliharaan pun membawa bibit penyakit. Hanya saja, virus dan bakteri merupakan penyebab utama penyakit atau infeksi di sekitar kita. Namun ancaman dari terjangkitnya virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi bisa dicagah bila kita senantiasa disiplin menerapkan langkahlangkah pencegahan. Penyebaran virus/bakteri bisa melalui tiga cara yaitu, udara, makanan dan minuman serta melalui darah dan berhubungan seks.

1.Penyebaran virus melalui udara
Ditandai dengan timbulnya batuk yang tak sembuhsembuh. Pencegahannya, senantiasa meningkatkan daya tahan tubuh, berolahraga, makan dan minum vitamin atau suplemen serta istirahat yang cukup.

2.Penyebaran melalui makanan dan minuman
umumnya, penyakit yang menular adalah thypus, hepatitis A dan diare. Gejala thypus biasanya menimbulkan mual, perut tidak enak, tidak nafsu makan, demam dan susah buang air besar disertai suhu panas tinggi di malam hari dan pada siang hari turun. Sementara gejala diare terlihat dengan muntahmuntah dan dehirasi. Penderita harus segera memperoleh asupan cairan melalui infus. Hepatitis A gejalanya terlihat pada demam dan adanya rasa nyeri di ulu hati, mualmual, kencing berwarna seperti air teh, mata kuning, buang air besar pucat. Kalau sudah begini penderita harus istirahat total dan hanya mengkonsumsi makanan yang bersih, lunak dan tidak berlemak.

Guna mencegah hepatitis A adalah;

  • Masak dan sajikan makanan dengan aman.
  • Tutuplah makanan dengan rapat tak dihampiri lalat.
  • Pastikan membeli makanan dari sumber terpercaya.
  • Makanan harus bersih dan tahu benar cara mengolahnya.
  • Lebih baik dan paling aman adalah makanan yang diolah sendiri.
  • Jika makan di luar, pastikan tempatnya bersih dan cara mengelola makanan yang juga benar.

3. Melalui darah dan hubungan seksual
Hepatitis B, C dan HIV biasanya ditularkan melalui kontak darah langsung seperti transfusi darah dan pemakaian jarum suntik secara bersama (pada pengguna narkoba dan pembuatan tatto). Virus hepatitis B, C dan HIV juga tersebar melalui hubungan seksual tak sehat. Pencegahan untuk jenis ini adalah lakukan skrining. Jika terlihat gejala, segera obati karena bisa merusak organ tubuh dan dalam jangka panjang akan mengakibatkan kematian. Jika harus transfusi darah maka lakukanlah di rumah sakit atau di PMI. Lakukan skrining ulang, supaya kita terjaga dari penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus apalagi di musim hujan ini. #disarikan dari berbagai sumber

 

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *