Bill & Melinda Gates Foundation Bertemu dengan 4 Produsen Vaksin Dunia

photo by : Lala Nurlaela

Ditengah udara dingin bersalju yang menyelimuti kota Seattle, Amerika, 13 Mei telah berlangsung Forum Global Health Product Development 2012 yang diselenggarakan oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Forum diskusi yang diadakan rutin setiap tahun, membahas segala aspek kemungkinan pengembangan produk baru untuk kesehatan secara global.

Untuk tahun ini, terdapat agenda yang berbeda dari biasanya, yaitu sesi khusus yang berjudul Forging Innovative Partnership; a discussion with emerging Market Vaccine Manufacturer yaitu forum diskusi langsung penyelenggara dengan panelis dari DCVMN (Developing Countries Vaccine Manufacturer Network) yaitu negaranegara produsen vaksin dari negaranegara berkembang.

Mengapa ke 4 produsen tersebut yang dipilih? John Boslego dari organisasi PATHUSA menjelaskan bahwa dari sekitar 26 Anggota DCVMN, dipilih hanya 2 (dua) manufaktur yang belum Pra Qualifikasi (PQ) WHO, dan 2 (dua) manufaktur yang sudah mempunyai pengalaman produknya memperoleh PQ WHO.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama PT Bio Farma, Iskandar menjelaskan mengenai kerjasama pengembangan Vaksin yang sedang dijalani oleh Bio Farma, juga mengenai 11 produk Bio Farma yang sudah mendapat pengakuan Badan Kesehatan Dunia (Pra Qualifikasi WHO) sejak tahun 1997. Jumlah 11 produk Bio Farma yang memperoleh pengakuan WHO, mengundang decak kagum hadirin, dan menjadi daya tarik bagi beberapa mitra Bill & Melinda Gates Foundation untuk bekerja sama baik dalam melaksanakan uji klinik atau Clinical Trial maupun pengembangan vaksin.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *