Dorong Program Imunisasi dan Pemberian Vitamin A

Wakil Bupati Mimika H Abdul Muis, ST MM, Senin (6/8) menyambangi salah satu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada di Kios Panjang, Kwamki Narama. Kunjungan ini dilakukannya guna mendukung Program Nasional Imunisasi dan Pemberian Vitamin A kepada Balita.

Wakil Bupati Abdul Muis saat ditemui Radar Timika di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Senin (6/8) malam mengatakan, bahwa Program Imunisasi dan Pemberian Vitamin A kepada Balita merupakan Program Nasional. Kendati demikian Pemda Mimika tetap mendukung terlaksananya program ini di Mimika mengingat pentingnya bagi kesehatan anakanak Timika.

Ini adalah program Pemerintah Pusat, bukan programnya Pemerintah Daerah. Tapi kita tetap mendukungnya, karena program ini sangat bermanfaat bagi anakanak kita, ujarnya.Dikatakan Muis, dirinya merasa bangga dengan masyarakatnya di Mimika, khususnya warga Kwamki Narama yang aktif dan datang ke Posyandu untuk terlibat dalam program imunisasi dan pemberian Vitamin A ini. Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Karena ibuibu yang membawa anakanaknya datang, sebagian besar adalah warga asli Papua. Ini menandakan bahwa masyarakat kita sudah sadar dan peduli akan kesehatan, katanya.

Muis mengharapkan, program positif seperti ini dapat berjalan dengan baik. Sehingga kesehatan anakanak Timika dapat ditingkatkan. Sementara itu, Koordinator Gizi Puskesmas Kwamki Narama, Maria Lois Adii, SKM saat ditemui di Posyandu tersebut mengatakan, Program Nasional Pemberian Vitamin A merupakan program rutin Pemerintah yang setiap tahun dilakukan dua kali, yaitu bulan Februari dan Agustus.

Posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan. Kebetulan bulan ini bertepatan dengan Bulan Vitamin A, maka kami laksanakan secara bersamaan, katanya. Maria menjelaskan, Vitamin A yang diberikan terdiri dari dua jenis, yaitu biru untuk bayi yang berusia 611 bulan, sedangkan merah untuk anak balita usia 12 bulan 59 bulan atau 1 5 tahun. Dimana sasaran program ini adalah ibuibu yang baru melahirkan atau masih dalam masa nifas. Selain itu, Vitamin A juga diberikan untuk anakanak yang gizi buruk dan mengalami gangguan pada penglihatan serta anakanak yang kena campak.(sms)

sumber : http://www.jpnn.com/read/2012/08/07/136074/DorongProgramImunisasidanPemberianVitaminA

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *