GAVI : 13 Juta Anak Akan Dilindungi dari Pneumonia

Hingga akhir 2012, satu vaksin terhadap penyebab utama radang paruparu (pneumonia) akan melindungi 13 juta anak lagi di negara paling miskin, kata GAVI Alliance, sebelum World Pneumonia Day Keempat pada 12 November.

Setakat ini, 21 negara telah memperkenalkan vaksin radang paruparu dengan dukungan dari GAVI Alliance, kemitraan pemerintahswasta yang bertujuan meningkatkan kesehatan dengan mendorong akses bagi imunisasi di negara berkembang.

Lebih dari 50 negara berencana memperkenalkan vaksin tersebut, yang melindungi jutaan anak lagi dari penyakit pnemukokus, salah satu penyebab utama pneumonia, kata GAVI.

GAVI juga mendukung penggunaan vaksin terhadap jenis influenza Haemophilus b (Hib), penyebab utama lain radang paruparu, demikian laporan Xinhua yang dipantaun ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Perhimpunan tersebut memperoyeksikan lebih dari 600.000 kematian akibat penyakit Hib akan dapat dicegah hingga akhir 2012. Radang paruparu adalah penyebab tunggal terbesar kematian pada anakanak di seluruh dunia.

Penyakit itu membunuh sebanyak 1,2 juta anak yang berusia di bawah lima tahun setiap tahun, dan merupakan 18 persen penyebab kematian pada anak yang berusia di bawah lima tahun di seluruh dunia, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

World Pneumonia Day, yang diresmikan pada 2009, berusaha meningkatkan kesadaran mengenai pneumonia sebagai masalah kesehatan masyarakat dan membantu mencegah jutaan anak dari kematian yang bisa dihindari akibat radang paruparu, yang terjadi setiap tahun. (Ant)

sumber : http://www.analisadaily.com/news/read/2012/11/16/87790/gavi_13_juta_anak_akan_dilindungi_dari_pneumonia/#.ULa6EJpOLe0

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *