5 Persamaan-Perbedaan Influenza & Flu Singapura

Di suatu sore, seorang Ibu mendatangi tempat praktek saya. Beliau datang untuk berkonsultasi mengenai vaksinasi influenza untuk anaknya. Kebetulan saat ini sedang musim flu singapura, Sang Ibu menanyakan apakah dengan divaksinasi influenza, buah hatinya akan terlindung juga dari penyakit tersebut.

Mungkin bukan pasien saya tersebut saja, tetapi masih banyak di antara kita yang masih bingung. Apakah kedua penyakit tersebut sama, bersaudara atau berlainan satu sama lain, mengingat keduanya bertitel “flu”. Berikut ini ada lima persamaan yang dapat ditemukan antara Influenza dan Flu Singapura yaitu:

1. Garagara virus

Kedua penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Virus bentuknya jauh lebih kecil dari bakteri dan hanya bisa hidup dan berkembang biak di dalam sel inangnya saja.

2. Gejala umum yang ditimbulkan

Keduanya dapat menyebabkan demam, lemah lesu, nyeri tenggorokan, dan diare.

3. Media penularan

Kedua penyakit ini ditularkan melalui udara dan percikan air liur. Selain itu, virus mudah menular juga melalui sentuhan bendabenda yang terkontaminasi.

4.Kemampuan menjadi wabah

Kedua penyakit tersebut memiliki catatan historis sebagai penyebab wabah di berbagai negara di dunia.

5. Dapat menyebabkan komplikasi berat dan kematian.

Influenza dapat menyebabkan bronkitis dan radang paruparu. Sedangkan flu singapura sekalipun jarang dapat juga menyebabkan radang otak dan bengkak paru. Komplikasi berat kedua penyakit tersebut dapat berakhir dengan kematian.

(Pic Source: news detik (dot) com)
(Pic Source: news detik (dot) com)

Selain kesamaan di atas, kita dapat menemukan lima perbedaan antara influenza dan flu singapura sebagai berikut:

1. Jenis virus penyebab berlainan

Influenza disebabkan oleh virus influenza dari keluarga Othomyxoviridae, sedangkan flu singapura disebabkan oleh virus coxsackie A dan enterovirus 71 dari keluarga Picornaviridae.

2. Usia individu yang rentan sedikit berbeda

Flu singapura lebih banyak mengenai anakanak kurang dari 5 tahun. Influenza dapat mengenai semua usia bukan hanya anakanak, tetapi juga mereka yang berusia lanjut.

3. Manifestasi kulit dan selaput lendir

Flu singapura ditandai dengan munculnya ruam dan gelembung berisi cairan di sekitar mulut, tangan dan kaki. Di rongga mulut, muncul banyak sariawan sehingga sulit menelan. Influenza dapat disertai dengan nyeri menelan, namun jarang disertai oleh sariawan.

4. Pengobatan spesifik

Flu singapura dapat ditekan dengan antivirus oseltamivir, sedangkan flu singapura belum ada antivirus yang spesifik.

5. Ketersediaan vaksin

Vaksinasi diperlukan sebagai upaya pencegahan. Vaksin influenza sudah tersedia dan dipergunakan secara luas. Sayangnya untuk flu Singapura belum ada vaksin untuk menangkalnya.

Nah Sahabat Imun, jika anak Anda mengalami gejala serupa, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Utamakan pencegahan lewat rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Beristirahat di rumah saat terjangkit kedua penyakit tersebut agar tidak menularkan pada yang lain. Khusus untuk influenza, segera vaksinasikan diri Anda dengan vaksinasi influenza setahun sekali.

 

Penulis : Christian Budiman

(Praktisi Kesehatan)

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *