Obat Baru Tuberkulosis Bakal Segera Hadir

KOMPAS.com Badan Pengawas Makanan dan ObatObatan Amerika Serikat (FDA) menyetujui pengembangan bedaquiline sebagai obat baru untuk mengatasi tuberkulosis (TB). Bedaquiline adalah satusatunya obat TB terbaru yang dikembangkan dalam lebih dari 50 tahun terakhir.

Resistensi terhadap obatobatan TB telah menjadi salah satu isu kesehatan global karena setiap tahunnya terdapat hampir 500.000 kasus TB baru, dengan 150.000 angka kematian per tahun. Pengobatan TB yang tersedia saat ini melibatkan upaya terapi selama 2 tahun dengan menggunakan banyak kombinasi obatobatan yang berpotensi menyebabkan resistensi dan efek samping yang sangat serius seperti gangguan kejiwaan dan pendengaran, dengan presentase kesembuhan sekitar 65 persen.

Ini merupakan kabar yang menggembirakan, bahwa setelah lebih dari 50 tahun akhirnya ada upaya pengembangan sebuah obat baru untuk memberantas TB serta juga akan bekerja lebih halus bagi pasien yang mengalami resistensi obatobatan TB yang saat ini dipakai. Obat ini dapat membantu upaya memerangi angka kematian TB akibat resistensi obatobatan, serta meningkatkan kualitas kehidupan pasien yang saat ini tidak hanya harus menjalani serangkaian pengobatan kompleks nan sangat lama (2 tahun), namun juga menderita berbagai efek sampingan lainnya. Obat baru ini harus diproduksi dengan harga yang terjangkau bagi negaranegara berkembang dimana mayoritas penderita TB tinggal. jelas Dr. Grania Brigden, Penasehat Program TB Access Campaign Dokter Lintas Batas (MSF) dalam siaran pers yang disampaikan kepada Kompas.com, Rabu (19/9/2012).

Janssen R&D, LLC, anak perusahaan Johnson & Johnson, telah ditunjuk FDA untuk menangani aplikasi pengembangan obat baru bedaquilin. Terdaftar dengan kode TMC207, obat ini diharapkan akan meningkatkan upaya terpadu pengobatan penyakit paruparu serta masalah resistensi obatobatan TB di kalangan orang dewasa, sebagai bagian dari terapi kombinasi. Bedaquiline akan dikembangkan bagi para penderita TB yang mengalami masalah resistensi obatobatan TB. Persetujuan final FDA terhadap bedaquiline ini diharapkan bisa tercapai dalam 6 bulan ke depan.

Upaya pengembangan obatobatan baru TBC dalam kurun waktu lebih dari 50 tahun terakhir ini juga sangat minim, dengan hanya mengandalkan dua obat anti resistensi masih dalam penelitian. Bedaquilin, salah satunya, yang sebelumnya dikenal dengan nama TMC207, telah diusulkan oleh perusahaan farmasi Janssen/Johnson&Johnson kepada FDA, serta delaminid (dulunya dikenal dengan nama OPC67683), yang dimasukan oleh sebuah perusahaan farmasi Jepang Otsuka kepada European Medicines Agency untuk disetujui.

Kabar gembira ini masih membutuhkan banyak penelitian manyangkut cara memadukannya kedalam rejimen pengobatan yang ada saat ini demi mencegah resistensi obat TBC. Bedaquiline saja tidak akan bisa menyembuhkan TBC, sehingga memerlukan campuran atau cocktail dari sejumlah obatobatan lain yang saat ini sedang dipakai untuk membasmi mycobacterium TBC.

FDA secara berkala memberikan prioritas peninjauan terhadap obatobatan penting untuk penyakitpenyakit yang opsi terapinya belum tersedia atau masih sangat minim. Prioritas peninjauan ini bermanfaat menawarkan opsi pengobatan dan medikasi alternatif.Bedaquiline merupakan sejenis diarylquinoline yang ditemukan oleh para ilmuwan di perusahaan Janssen.

Pemberian prioritas peninjauan oleh Badan Pengawas Makanan dan ObatObatan Amerika Serikat ini merupakan pengakuan terhadap rendahnya hasil penanganan TBC oleh rejim obatobatan yang ada saat ini, yang telah berkembang lebih rumit sejak munculnya banyak kasus resistensi obatobatan TBC. Sejauh ini, belum bisa dipastikan sejauhmana kemanjuran bedaquilin dalam upaya memperkuat dan memperbaiki rejimen obatobatan TBC yang dipakai saat ini. Walaupun peran bedaquilin telah teridentifikasi, masih dibutuhkan penelitian guna memastikan cara terbaik penggunaan obat ini demi mencegah munculnya kasuskasus resistensi obatobatan TBC dalam penanganan penyakit menular ini.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *