Percepatan Produksi Vaksin Baru, Sangat Penting!

Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) mendorong para peneliti untuk melakukan riset guna terciptanya produksi vaksin baru di Indonesia.

Meskipun terkendala biaya, kami akan terus melakukan riset agar industri vaksin Bio Farma bisa segera memproduksi vaksin baru untuk mengantisipasi perkembangan penyakit menular, kata Ketua Umum PAMKI Sam Soeharto di Kuta, Bali, Kamis.

Ditemui di selasela Konferensi Jaringan Produsen Vaksin NegaraNegara Berkembang (DCVMN) ke13 di Kuta itu, dia mengemukakan, percepatan produksi vaksin baru itu sangat penting karena vaksin yang sudah berusia puluhan tahun sudah tidak efektif lagi membasmi bakteri atau kuman yang sama.

Dia melihat bahwa kuman bisa cepat bermutasi sehingga kuman yang sama bisa mengeluarkan zatzat untuk menghancurkan khasiat dari vaksin yang sudah ada.

Menurut Sam, untuk mengatasi penyakit yang berkembang itu, maka tidak ada jalan lain kecuali dengan vaksinasi. Harus dilakukan vaksinasi, kalau vaksinnya belum ketemu, itu yang menjadi masalah, ujarnya.

Apabila perkembangan berbagai macam penyakit infeksi dan menular dibiarkan, maka dikhawatirkan dapat memengaruhi target Millenium Development Goals (MDGs).

Dia menyontohkan, penyakit malaria yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius karena di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di lokasi pertambangan batu bara dan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua masih banyak ditemukan kasusnya.

Kami juga fokus terhadap penyakit utama yang saat ini telah berkembang menjadi zoonosis, seperti flu burung, tuberkolusis, dan malaria, sampai bisa kami temukan vaksinnya, kata Sam.

sumber : http://www.sehatnews.com/2012/11/01/percepatanproduksivaksinbarusangatpenting/

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *