Perkembangan Polio Secara Global

Oleh : Robert Herriman

Penyakit serius dan menular polio telah hilang di Amerika Serikat selama 30 tahun. Polio menyebar di tiga negara dan kadang muncul di negaranegara nonendemik.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan para wisatawan yang berasal dari negaranegara endemik dan nonendemik untuk segera mendapatkan vaksin polio sebelum melakukan keberangkatan. Hal ini, berdasarkan pemberitahuan traveling dari CDC pada tanggal 19 November.

Beberapa daftar Negara yang perlu mendapatkan vaksin polio sebelum melakukan perjalanan, seperti Afganistan, Angola, Benin, Burkina Faso, Burrundi, Republik Afrika Tengah, Chad, Cina, Kongo, India, Iran, Mali, Niger, Nigeria, Pakistan, Ruanda, Sudan dan Sudan Selatan, Tajikistan, Tanzania, Turkmenistan, Uzbekistan, Uganda serta Zambia.

Secara global, menurut Global Polio Eradication Initiative, jumlah kasus polio menurun secara signifikan dibandingkan pada tahun 2011. Pada tanggal 14 November, telah dilaporkan sejumlah 187 kasus polio, menurun dari 520 kasus pada waktu yang sama di tahun 2011. Penurunan jumlah kasus polio ini memberikan harapan pada para ahli bahwa penyakit yang melemahkan ini akhirnya dapat di berantas. Lalu, muncul 182 kasus yang berasal dari 3 negara endemik, yaitu Nigeria (101), Pakistan (54) dan Afganistan (27). Lima kasus lainnya dilaporkan datang dari satu negara non endemik, yaitu Chad.

Polio disebabkan oleh virus polio tipe 1, 2 dan 3. Ketiga virus ini merupakan virus paralisis dengan virus polio liar tipe 1 yang paling sering di isolasi dari kasuskasus paralisis. Infeksi virus ini paling banyak menyebar melalui kotoran. Namun, di tempattempat sanitasi yang sangat baik, penularan sekresi tenggorokan masih dapat terjadi.

Polio dikenali pada sekitar 1 persen dari infeksi oleh kekakuan paralisis, sementara lebih dari 90 persen dari infeksi yang tak terlihat. Kelumpuhan poliomyelitis biasanya berbentuk asimetris dan tempat kelumpuhan tergantung pada lokasi kerusakan sel saraf pada tulang belakang atau batang otak. Biasanya kaki lebih sering terserang daripada lengan oleh penyakit ini.

Sumber dari VacciNews24/11/2012

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *