Punya Gejala Ini? Bisa Jadi Tanda Sistem Imun Menurun

Saat musim pancaroba seperti sekarang, kekebalan tubuh rentan menurun sehingga membuat seseorang mudah terkena penyakit seperti batuk pilek. Gejalagejala berikut ini bisa menjadi petunjuk sistem imun sudah menurun. Ketika akan memasuki musim hujan atau dingin, beberapa orang bisa bertahan tanpa terkena penyakit, sementara yang lainnya mudah sekali pilek atau batuk yang terus menerus.

Penelitian menunjukkan kerentanan seseorang terkena batuk dan pilek bisa disebabkan oleh banyak hal dan kadang tidak terduga, seperti misalnya kebiasaan yang tanpa disadari membuat sistem imun menurun. Untuk itu jika memiliki gejalagejala berikut ini, bisa jadi itu tanda sistem imun di dalam tubuh sudah menurun, seperti dikutip dari Prevention.com, Slasa (27/11/2012) yaitu:

1. Hanya minum sedikit air
Tubuh membutuhkan banyak air untuk membuang racun di dalam tubuh, karenanya meski udara dingin seseorang tetap butuh minum banyak air. Namun saat udara dingin, respons tubuh terhadap rasa haus akan melemah, dan orang cenderung lebih sedikit minum yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya.

2. Berat badan menurun
Beberapa orang kadang senang jika berat badannya menurun, tapi jika penurunannya banyak bisa jadi disebabkan oleh adanya penyakit tertentu yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh tidak mampu melawan.

3. Hidung terasa kering
Lendir yang ada di dalam hidung berfungsi menangkap virus atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Jika hidung terasa kering maka kuman akan lebih mudah masuk dan menginfeksi tubuh.

4. Selalu merasa stres
Menurut laporan dari American Psychological Association, stres jangka panjang melemahkan respons sistem kekebalan tubuh. Selain itu Philip Tierno, PhD, direktur klinis mikrobiologi dan imunologi di New York University menuturkan jika seseorang terkena flu saat stres, maka gejalanya akan menjadi lebih buruk.

5. Selalu terkena pilek
Hal ini menunjukkan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja maksimal. Pada orang dewasa ratarata mengalami 13 kali pilek setiap tahun yang dapat berlangsung selama 34 hari. Jika lebih dari itu bisa jadi sistem kekebalan tubuh menurun. Untuk meningkatkannya lakukan olahraga teratur, konsumsi makanan sehat dan mendapatkan tidur yang cukup. (ver/vit)

sumber : http://health.detik.com/read/2012/11/27/125639/2102585/766/punyagejalainibisajaditandasistemimunmenurun

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *