Seberapa Efektifkah Vaksin Campak?

penyakit_campakCampak adalah penyakit yang disebabkan oleh Morbilivirus. orang yang sakit akibat terinfeksi virus ini akan mengalami demam, kedua mata merah (konjungtivitis), dan ruam yang meluas dari wajah atau belakang kepala sampai ke seluruh tubuh. Penyakit ini ditularkan melalui percikan dahak dari penderita. Campak yang batuk atau bersin dan virus yang tanpa sengaja terbawa oleh orang sehat yang menyentuh permukaan benda yang mengandung virus. meskipun dapat sembuh sendiri, campak dapat menimbulkan komplikasi, seperti Pneumonia dan Ensefalitis, bahkan bisa berakhir dengan kematian.

Seberapa menularkah penyakit campak?

Apabila satu orang penderita Campak berada dalam satu ruangan dengan 10 orang lain yang belum pernah sakit atau belum pernah di imunisasi Campak, maka diperkirakan 10 orang sehat tersebut akan terinfeksi.

Apakah Vaksin Campak efektif?

virus campak

Efektivitas Vaksin Campak sangat baik. Pada 1962 di Amerika Serikat, tepat satu tahun sebelum Vaksin Campak ditemukan, tercatat 4 juta orang terdiagnosis Campak dengan 48.000 orang diantaranya dirawat dan 3.000 orang meninggal dunia. Dalam kurun waktu setengah abad, kasus Campak menurun tajam hingga tercatat hanya 55 kasus Campak pada 2012.

Namun pada 2011 masih terdapat 220 kasus Campak di negeri ini akibat dari banyaknya penolakan terhadap imunisasi MMR. Sebagian kasus di negara-negara maju juga apat ditelusuri dari kunjungan antarnegara sehingga bisa dicari rantai atau jalur penularannya.

Vaksin Campak yang digunakan di dalam program imunisasi nasional adalah Vaksin Campak Kering produksi Bio Farma. Vaksin ini tidak menggunakan cell line dengan strain yang sama dengan vaksin buatan John Enders. Vaksin Campak ini menggunakan strain CAM 70 buatan Institut Biken di Jepang.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *