Seberapa Menularkah Penyakit Influenza?

Influenza atau yang lebih dikenal dengan flu adalah infeksi virus yang menyerang trakea (area disekitar pita suara) dan bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) virus ini ditularkan melalui aliran udara saat batuk, bersin, dan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus lalu menyentuh mata, hidung atau wajah.

flu menular

Seberapa Menularkah Penyakit Influenza?

Apabila ada 10 orang yang terpapar dengan seseorang yang mengalami influenza, maka 3 dari 10 orang tersebut kemungkinan besar akan terinfeksi.

Kapan Vaksin Influenza diberikan?

jadwal vaksin influenza

Jadwal imunisasi IDAI menetapkan imunisasi influenza diberikan pada anak berusia minimal 6 bulan dan diulang setiap tahunnya, sesuai dengan strain yang ditentukan WHO saat itu. Pemberian vaksin pertama adalah saat usia masih dibawah 9 tahun. Untuk pertama kalinya, dibutuhkan dua kali suntikkan dengan interval minimal 4 minggu.

Imunisasi Influenza juga diutamakan pada kelompok yang beresiko tinggi, yaitu anak-anak dengan penyakit jantung  bawaan yang beresiko mengalami infeksi saluran napas berulang; Penderita penyakit pernapasan kronis, seperti asma; penderita penyakit kronis, seperti diabetes; penderita sindrom nefrotik; penderita kelemahan system imu, seperti HIV; dan mereka yang meminum obat untuk menekan system imun, seperti pada penyakit kanker. Imunisasi Influenza juga dianjurkan bagi mereka yang akan berpergian ke daerah yang di perkirakan akan menjadi wabah (musim dingin).

Vaksin Influenza disuntikkan secara intramuscular dengan dosis sebanyak 0,25 ml untuk anak usia dibawah 3 tahun dan 0,5 ml atau  lebih dari atau sama dengan 0,5 ml untuk usia diatas 3 tahun.

Sumber: Arifianto.2014.Pro kontra Imunisasi: Agar Tak Salah Memilih Demi Kesehatan Buah Hati. Jakarta. PT Mizan Publika

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *