Waspadai Batuk Berkepanjangan

Infeksi paru-paru selama ini disamakan dengan Tubercolusis atau TB/TBC. Penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tubercolusis dan biasa disebut flek paru-paru tergolong penyakit yang dapat diobati. Akan tetapi, tidak semua flek yang telihat pada paru-paru adalah TB/TBC.

Beberapa penyakit yang menyerang atau berhubungan dengan paru-paru akan menimbulkan flek atau bercak di paru-parunya setelah diketahui lewat rontgen. Gejala yang terjadi untuk penyakit akibat infeksi kuman ini umumnya diketahui lewat batuk yang berkepanjangan.

Gejala batuk berkepanjangan juga terjadi untuk pasien yang dinyatakan positif TB/TBC. Selanjutnya, untuk mengetahui adanya bercak dalam paru atau tidak, upaya foto medik penting dilakukan untuk melihat ukuran dan bentuk dari flek itu sendiri.

Jika mendapati ciri-ciri batuk berkepanjangan pada anak, secepatnya perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pasalnya, penyebab batuk yang dialami anak-anak kebanyakan berasal dari benda asing yang masuk ke saluran pernafasan termasuk ke dalam paru-paru.

Benda asing tersebut dapat berupa alergen atau bahan pencetus alergi atau mikroorganisme yakni virus atau bakteri. Untuk memastikan pengobatan maka kondisi paru-paru perlu diketahui dengan jelas, sehingga upaya pengobatan terhadap penyakit flek tidak salah.

Berdasarkan pengalaman banyak orangtua mengira anak-anaknya terkena penyakit TB/TBC dengan melihat gejala batuk berkepanjangan tanpa melakukan rontgen. Akibatnya, pemberian obat untuk anak-anak tersebut tidak tepat. Sementara untuk kasus yang sama pada orang dewasa juga bisa terjadi. Hanya, faktor batuk berkepanjangan pada orang dewasa kemungkinan karena infeksi kuman Tuberculosis. Pengobatan untuk orang dewasa diberikan untuk dikonsumsi untuk enam bulan dan biasanya tidak boleh berhenti.

Sumber : disarikan dari berbagai sumber

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>