Bisakah Polio Disembuhkan?

Poetri | Minggu, 23 Juni 2019

Bisakah polio disembuhkan? Sayangnya tidak karena tidak ada obat untuk polio. Polio merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus polio. Polio dapat menyerang sistem saraf, bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan total dalam hitungan jam. Virus polio sangat menular dan menyebar melalui kontak dari orang ke orang lainnya lewat feses seseorang, air atau makanan yang terkontaminasi.

Kemudian, virus ini akan berkembang biak di usus. Seseorang yang terkena polio, biasanya gejala awal yang dirasakan adalah demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan pada leher dan nyeri pada tungkai. 

Bahkan satu satu dari dua ratus orang yang terinfeksi, menyebabkan kelumpuhan yang ireversibel (biasanya terjadi pada tungkai). Di antara penderita yang lumpuh, 5% hingga 10% meninggal dunia karena otot-otot pernapasan menjadi tidak bergerak.

Setelah virus polio menginfeksi seseorang, tidak ada perawatan yang akan menyembuhkan polio. Karena tidak ada obat untuk polio, namun bisa dicegah dengan menggunakan vaksin polio. Vaksin ini diberikan berkali-kali, sehingga dapat melindungi anak seumur hidup.

Pengobatan berfokus pada bagaimana meningkatkan kenyamanan bagi penderita, mempercepat pemulihan dan mencegah komplikasi yang bisa terjadi akibat polio. Diperlukan pula perawatan pendukung untuk penyakit polio, termasuk:

- Penghilang rasa sakit

- Ventilator portabel untuk membantu pernapasan

- Terapi fisik untuk mencegah deformitas dan kehilangan fungsi otot

Ada dua vaksin polio yang bisa diperoleh anak, yaitu vaksin polio oral (OPV) dan vaksin polio suntik (IPV). Vaksin polio oral diberikan saat lahir, pada bayi berusia 2, 4, 6, 18 bulan (atau usia 2, 3, 4 bulan sesuai program pemerintah), sedangkan vaksin polio suntik (IPV) diberikan pada anak berusia 2, 4, 6-18 bulan dan 6-8 tahun. 

Jika anak terlambat mendapatkan vaksin polio, maka jangan mengulang pemberiannya dari awal, tetapi lanjutkan dan lengkapi sesuai jadwal,  tidak peduli berapa pun jarak keterlambatan dari pemberian sebelumnya.

Karena polio tidak bisa disembuhkan, maka vaksinasi menjadi hal yang wajib. 

Sumber artikel:

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/poliomyelitis

https://www.who.int/features/qa/07/en/

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/polio/diagnosis-treatment/drc-20376517

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/melengkapi-mengejar-imunisasi-bagian-ii