Diabetes Pada Ibu Hamil?

Yuni | Kamis, 16 Januari 2020

Moms, udah tau belum kalau ibu hamil bisa terkena diabetes? Diabetes pada ibu hamil biasa disebut dengan diabetes gestasional. Diabetes gestasional ini merupakan diabetes yang dialami beberapa ibu hamil loh karena melonjaknya gula darah yang tinggi atau biasa disebut dengan hiperglikemia.

Dilansir dari data International Diabetes Federation (IDF) 2019 menunjukkan bahwa lebih dari 233 juta perempuan di dunia mengalami diabetes. Diperkiraakan 1 dari 6 kelahiran dipengaruhi oleh diabetes gestasional sehingga menganggu kesehatan ibu dan bayi. Kasus ini sering terjadi di negara miskin dan berkembang karena kurangnya akses pengetahuan mengenai penyakit tersebut.

Kondisi ini sering terjadi pada minggu ke-24 sampai ke-28 masa kehamilan. Diabetes gestasional ini terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah di masa kehamilan. Hal ini dapat berdampak pada kondisi ibu dan anak loh Moms sehingga harus ditangani sesegera mungkin!

Kasus diabetes pada ibu hamil ini sering terjadi pada negara Amerika, Alaska Native, Hispanic dan Asia. Kadar gula yang tinggi dan tidak terkontrol pada masa kehamilan bisa menyebabkan masalah saat melahirkan seperti bayi akan sangat besar sehingga diperlukan operasi caesar. Tekadang, 1 dari 2 perempuan yang terkena diabetes gestasional dan akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 hingga 5 sampai 10 tahun yang akan datang. Hal ini akan berdampak terhadap peningkatan komplikasi kesehatan loh Moms.

Diabetes gestasional sebenarnya akan hilang setelah melahirkan, tetapi terkadang diabetes itu tetap ada sehingga sangat penting bagi kita untuk konsultasi dokter pasca melahirkan. Sekitar setengah dari wanita yang memiliki diabetes pada masa kehamilan mendapatkan diabetes tipe 2 di kemudian hari

Kita juga harus mengetahui gejala diabetes apa saja yang muncul ketika kadar gula darah melonjak tinggi seperti sering merasa haus, frekuensi buang air kecil meningkat, mulut terasa kering, sering merasa pusing, tubuh mudah lelah dan sering tidak fokus. Tetapi, ingat Moms tidak semua gejala yang dijelaskan menandakan diabetes gestasional loh sehingga baik untuk kita memeriksakan gula darah tepat waktu.

 

Sumber :

https://www.idf.org/our-activities/care-prevention/gdm

https://www.cdc.gov/pregnancy/documents/Diabetes_and_Pregnancy508.pdf

http://p2ptm.kemkes.go.id/search/Diabetes%20Gestasional

http://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/VHcrbkVobjRzUDN3UCs4eUJ0dVBndz09/2017/11/Diabetes_Melitus_Gestasional_Dr_Farid_Kurniawan.pdf