Gejala, Penyebab dan Mengobati Penyakit Rubella Pada Anak

Poetri | Rabu, 8 Mei 2019

Rubella atau campak Jerman adalah infeksi virus menular dengan ruam merah yang khas. Penyakit Rubella disebabkan oleh virus yang berbeda dari campak, dan tidak menular atau separah campak. Berikut gejala, penyebab dan mengobati penyakit Rubella pada anak,

Gejala Rubella Pada Anak

Tanda-tanda dan gejala Rubella sangat ringan sehingga sulit diketahui, terutama pada anak-anak. Biasanya, tanda dan gejala muncul antara dua dan tiga minggu setelah terpapar virus. Berlangsung sekitar satu hingga lima hari. Berikut ini adalah gejala Rubella yang paling umum terjadi. Namun, setiap anak mungkin mengalami gejala yang berbeda.

Demam ringan 102 F (38,9 C) atau lebih rendah

Sakit kepala

Hidung tersumbat atau pilek

Mata merah meradang

Pembesaran, kelenjar getah bening lunak di pangkal tengkorak, belakang leher dan di belakang telinga

Ruam merah muda halus yang dimulai pada wajah dan dengan cepat menyebar ke batang tubuh, kemudian ke lengan dan kaki, sebelum menghilang dalam urutan yang sama.

Sendi yang sakit, terutama pada wanita muda

Penyebab Rubella

Penyebab Rubella adalah virus Rubella yang ditularkan dari orang ke orang lainnya, kemudian menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau bisa menyebar melalui kontak langsung dengan sekresi pernapasan orang yang terinfeksi, seperti lendir. Rubella juga dapat ditularkan dari ibu hamil pada bayi mereka yang belum lahir melalui aliran darah.

Seseorang yang telah terinfeksi virus ini, berpeluang menularkan virus Rubella sejak satu atau dua minggu sebelum timbulnya ruam hingga sekitar satu atau dua minggu setelah ruam menghilang, tanpa orang tersebut mengetahuinya.

Beberapa wanita yang menderita Rubella mengalami radang sendi di jari, pergelangan tangan dan lutut, umumnya berlangsung sekitar satu bulan. Dalam kasus yang jarang terjadi, Rubella dapat menyebabkan infeksi telinga (otitis media) atau radang otak (ensefalitis).

Namun, ketika hamil terkena penyakit Rubella, bisa berisiko bagi anak yang belum lahir dan dalam beberapa kasus bisa berakibat fatal. Sekitar 80 persen bayi yang lahir dari ibu yang menderita Rubella selama 12 minggu pertama kehamilan, mengalami sindrom Rubella bawaan atau yang dikenal Sindrom Rubella Kongenital (SRK). Sindrom ini dapat menyebabkan:

Retardasi pertumbuhan

Katarak

Tuli

Kelainan jantung bawaan

Cacat pada organ lain

Kecacatan intelektual

Selama kehamilan trimester pertama merupakan risiko tertinggi terkena Rubella pada janin, namun paparan di kemudian hari juga bisa berbahaya.

Pengobatan Rubella Pada Anak

Karena gejalanya seringkali sangat ringan, biasanya tidak ada pengobatan khusus untuk infeksi Rubella. Namun, dokter akan merekomendasikan bagi penderita Rubella untuk diisolasi, terutama pada wanita hamil selama masa infeksi.

Jika saat hamil terkena Rubella, sebaiknya diskusikan dengan dokter apa saja risiko yang bisa terjadi pada bayi di dalam kandungan. Bila ingin melanjutkan kehamilan, mungkin akan diberikan antibodi yang disebut hyperimmune globulin yang dapat melawan infeksi. Ini dapat mengurangi gejala Rubella, tetapi tidak menghilangkan kemungkinan bayi yang belum lahir mengalami sindrom Rubella bawaan.

Sementara itu, dalam kasus yang jarang terjadi ketika anak atau orang dewasa terinfeksi Rubella, bisa melakukan beberapa tindakan perawatan berikut ini.

Banyak istirahat di tempat tidur

Ambil acetaminophen (Tylenol, yang lain) untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dari demam dan sakit

Pastikan anak minum banyak cairan

Beritahu teman, keluarga, dan rekan kerja terutama pada wanita hamil - tentang diagnosis Rubella, agar mereka tidak terpapar penyakit tersebut.

Hindari orang yang memiliki kondisi penyakit tertentu, yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh kurang atau tertekan

Informasikan sekolah atau penyedia penitipan anak bahwa anak tengah menderita Rubella

Infeksi Rubella akan hilang dengan sendirinya dalam 5 hingga 10 hari.

Sumber artikel:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rubella/diagnosis-treatment/drc-20377315

https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=90&contentid=p02542