Hal-hal yang Dapat Dilakukan Pada Penderita Hepatitis B

Poetri | Senin, 6 Mei 2019

Karena penyakit hepatitis B adalah penyakit yang menyerang organ hati, maka terdapat hal-hal yang dapat dilakukan pada penderita hepatitis B untuk melindungi organ hati seperti memperhatikan nutrisi dan kebugaran fisik. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan kerusakan hati, sehingga mempertahankan berat badan yang normal merupakan salah satu cara yang dapat membantu melindungi organ hati.

Hati memetabolisme semua yang kita makan, sehingga diet sehat sangat penting bagi mereka yang hidup dengan penyakit hati seperti hepatitis  B. Lebih lanjut, karena banyak orang dengan penyakit ini menderita energi rendah atau kelelahan, diet kaya bahan bakar adalah cara utama untuk memberikan tubuh Anda kekuatan sebanyak mungkin. Anda harus minum banyak air dan mengamati keseimbangan yang baik antara semua kelompok makanan dasar, termasuk biji-bijian, protein, susu, buah-buahan, sayuran dan lemak — pastikan lemak jenuh dalam makanan Anda seminimal mungkin.

Perbanyak variasi buah dan sayuran

Coba untuk mengisi setengah porsi makanan dengan sayuran dan buah. Makanan kaya serat ini sangat baik untuk kesehatan organ hati. Buah juga mengandung fruktosa tetapi juga mengandung serat dan nutrisi lainnya. Metabolisme tubuh juga semakin baik dengan konsumsi buah dan sayur.

Jangan lupa untuk melakukan variasi terhadap makanan yang dikonsumsi. Warna warni sayuran dan lauk menjadi penting untuk membuat tubuh mendapat nutrisi yang lengkap. Hindari konsumsi makanan cepat saji yang berlemah tinggi. Makanan seperti salmon, sayuran hijau dan oranye menjadi contoh makanan kaya nutrisi.

Pilih makanan sehat dan rendah sodium

Di zaman serba cepat ini memang cenderung mencari kemudahan dengan konsumsi makanan olahan. Padahal makanan olahan selain mengandung kadar lemak dan kalori yang tinggi, makanan olahan menggandung tinggi garam yang dikenal sebagai natrium yang akan memperberat kerusakan hati. 

Sodium juga berbahaya untuk merusak organ hati. Sebaiknya konsumsi makanan yang diolah rumahan dan tidak terlalu banyak garam. Hal ini dapat mempermudah kerja organ hati untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Olahraga

Tetap bugar secara fisik dapat bermanfaat bagi organ hati dalam banyak hal. Jika  kelebihan berat badan, menurunkan indeks massa tubuh  dapat mengurangi kemungkinan dan efek dari penyakit hati berlemak non-alkohol. Penurunan berat badan juga dapat mengurangi tuntutan tubuh pada hati dan meningkatkan kemampuan organ hati untuk memetabolisme glukosa. Orang yang kelebihan berat badan juga merespons terapi hepatitis B berbasis interferon dan ribavirin.

Ya itulah hal-hal yang dapat dilakukan pada penderita hepatitis B

Sumber artikel:

1. https://www.hepmag.com/basics/hepatitis-b-basics/nutrition-exercise-hepatitis-b