Hipertensi Pada Ibu Hamil

Yuni | Selasa, 19 Mei 2020

Salah satu bahaya yang harus diwaspadai oleh Ibu Hamil adalah hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih dalam pengukuran selama dua kali atau lebih dengan jarak waktu sekitar 6 jam bahkan lebih. Hipertensi merupakan salah satu penyebab pada utama kematian ibu, janin, maupun neonatus.  Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya, terutama apabila terjadi pada wanita yang sedang hamil. Hal ini dapat menyebabkan kematian bagi ibu dan bayi yang akan dilahirkan.

Data World Health Organization (WHO) tahun 2015 menunjukkan sekitar 1,13 Miliar orang di dunia menyandang hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. Jumlah penyandang hipertensi terus meningkat setiap tahunnya, diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 Miliar orang  yang terkena hipertensi, dan diperkirakan setiap tahunnya 10,44 juta orang meninggal akibat hipertensi dan komplikasinya.

Untuk tahun 2009 sampai 2012 tercatat sebagai masalah ibu hamil di dunia. Di negara maju, hipertensi ibu hamil merupakan penyebab kematian maternal. Salah satu penyakit yang sering mengancam kehamilan adalah hipertensi dalam kehamilan.  Ibu hamil yang mengalami hipertensi  diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi obat-obatan ini harus berdasarkan ketentuan resep karena tidak semua jenis obat hipertensi boleh dikonsumsi saat hamil.

Menurut keterangan yang dilansir National Heart, Lung, and Blood Instutute, ada sejumlah hal yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi pada Ibu hamil. Misalnya dari kondisi tubuh yang terlalu gemuk, hamil lebih dari satu janin, gaya hidup kurang aktif, mengonsumsi alkohol, merokok, hamil pertama, hamil saat usia lebih dari 40 tahun, dan mempunyai riwayat keluarga penderita preeklamsia, ginjal, atau darah tinggi kronis. Bagi moms yang sedang hamil atau sedang mempersiapkan kehamilan, mari jaga gaya hidup yang lebih sehat yah moms.

 

Sumber:

http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/pusat-/hari-hipertensi-dunia-2019-know-your-number-kendalikan-tekanan-darahmu-dengan-cerdik

https://www.tribunnews.com/tribunners/2017/03/11/cara-menurunkan-hipertensi-pada-ibu-hamil

Tagged :