Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan Influenza yang Tepat

Poetri | Selasa, 21 Mei 2019

Banyak orang menjadi khawatir pada saat pergantian musim dari musim panas ke musim hujan karena biasanya pada masa-masa itu, penyakit mudah hinggap.

Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat dengan berbagai cara penularan mengancam keberadaan kita, baik dewasa maupun anak-anak.

Penyakit yang sering dianggap ringan namun bisa hingga di tubuh kita selama berminggu-minggu adalah influenza. Penyakit ini sering dianggap ringan karena kita sering mengabaikan pengobatannya, dan akibatnya influenza tak kunjung sembuh malah semakin parah.

Sebelum kita mengobatinya, tentu lebih baik mencegahnya. Karena itu ada baiknya kita mengenali penyebab dan gejala influenza. Serta, tentunya kita wajib mengetahui cara pengobatan influenza yang tepat.

Penyebab influenza

Penyakit influenza, atau juga disebut flu, sering dianggap ringan namun penyebarannya sangat cepat. Bila kita terkena flu, orang-orang di sekitar kita akan mudah terkena.

Salah kaprah yang beredar di masyarakat adalah kita menderita flu karena minum es, terkena hujan dan terkena debu. Pendapat itu kurang tepat.

Influenza disebabkan oleh virus flu yang sangat cepat menular. Penularannya bisa melalui kontak baik secara langsung maupun tidak langsung dengan orang yang sudah menderita flu. Bila ada orang yang bersin-bersin karena flu di samping kita, maka kita akan dengan sangat mudah terkena flu juga.

Seperti dijelaskan di atas, penyakit influenza disebabkan oleh karena virus. Kita bisa terkena flu karena daya tahan tubuh sedang tidak baik, misalnya karena kehujanan dan aktivitas sterlalu berat sehingga tubuh lelah.

Saat daya tahan tubuh lemah dan dipicu oleh kondisi-kondisi tertentu, maka kita dengan mudah terserang flu.

Gejala flu

Setelah kita terjangkit virus flu, maka ada kemungkinan kita mulai merasakan gejala-gejala sakit flu sehari setelahnya. Namun bisa juga kita baru merasakan gejalanya hingga beberapa hari atau bahkan seminggu setelah terjangkit.

Pada saat awal setelah terjangkit virus flu, gejala mula-mula umumnya adalah tenggorakan yang meradang, bersin, dan hidung meler.

Gejala-gejala tersebut di atas bisa berkembang menjadi gejala penyakit flu yang lebih parah, misalnya:

  • Demam dan menggigil
  • Otot dan persendian terasa sakit
  • Sakit kepala
  • Batuk

Gejala-gejala tersebut bila semakin hebat biasanya membuat kita tidak sanggup untuk beraktivitas selama beberapa hari. Bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kita bisa saja mengalami sakit yang lebih parah, misalnya paru-paru basah, bronchitis, atau juga infeksi telinga.

Pengobatan flu

Karena influenza adalah penyakit umum yang sering menjangkit masyarakat maka pengobatan flu banyak dan mudah ditemukan serta dilakukan, mulai dari pengobatan tradisional hingga obat-obatan Over The Counter (OTC) alias obat bebas yang mudah ditemukan di warung dan toko obat.

Namun pada umumnya banyak pendapat tenaga medis profesional sepakat bahwa pengobatan flu ringan tidak membutuhkan obat atau perawatan tenaga medis.

Gejala-gejala flu yang disebutkan sebelumnya akan membaik dalam seminggu hanya dengan perawatan di rumah.

Perawatan paling efektif untuk mengobati flu adalah dengan beristirahat tidak melakukan aktivitas fisik dan dengan memberikan waktu untuk tidur. Obat-obatan OTC boleh diminum. Akan tetapi kunci dari penyembuhan penyakit flu adalah dengan banyak minum dan beristirahat.

Namun tentu saja, bila gejala flu dirasakan tidak membaik selama beberapa hari, kita harus menemui dokter untuk meminta saran dan pengobatan. Sebab, dokter akan dapat menganalisa tipe flu yang kita derita untuk penanganan yang tepat.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/flu-causes#flu-vaccine