Lingkungan Sekitar Terkena Campak, Bagaimana Mencegahnya?

Poetri | Rabu, 8 Mei 2019

Campak adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus yang menyebar melalui udara melalui pernapasan, batuk, atau bersin. Tidak hanya orang dewasa yang berisiko terkena campak, namun juga anak-anak. Bagaimana jika lingkungan sekitar terkena campak, bagaimana mencegahnya? Lindungi keluarga dan teman yang rentan serta menghentikan campak menyebar ke orang lain.

Berikut cara mencegah penyebaran penyakit campak: 

Isolasi

Campak sangat menular, bahkan dari sekitar empat hari sebelum sampai empat hari setelah ruam pecah. Jadi, orang yang menderita campak perlu menghindari kegiatan di mana mereka berinteraksi dengan orang lain. Hal ini untuk mencegah orang yang tidak diimunisasi terkena campak seperti saudara kandung. Sebaiknya, juga menjauh sementara dari orang yang terinfeksi.

Vaksinasi

Pastikan siapa pun yang berisiko terkena campak yang belum sepenuhnya divaksinasi, untuk mendapatkan vaksin campak secepat mungkin. Ini termasuk siapa saja yang lahir setelah tahun 1957 yang belum divaksinasi, serta bayi yang berusia lebih dari 6 bulan.

Sementara itu, ada pula cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit campak yaitu

Cuci tangan sesering mungkin.

Jika tidak ada sabun dan air, pastikan untuk selalu membersihkan tangan dengan pembersih tangan (mengandung setidaknya 60% alkohol).

Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut, sebelum memastikan tangan benar-benar bersih.

Tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau lengan baju saat batuk atau bersin.

Cobalah untuk menghindari kontak dekat, seperti berciuman, berpelukan, atau berbagi peralatan makan atau cangkir, dengan orang yang sakit .

Sumber artikel:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/measles/symptoms-causes/syc-20374857

https://wwwnc.cdc.gov/travel/diseases/measles