Mempersiapkan Anak Untuk Berpuasa

Yuni | Jumat, 6 Maret 2020

 

Moms, tak terasa ya bulan Ramadhan semakin dekat menghampiri kita. Pesiapan untuk berpuasa pun satu persatu mulai dipersiapkan salah satunya mengajarkan anak untuk berpuasa. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan terkadang sangat ingin berpuasa karena melihat orang tua atau orang dewasa yang sedang puasa.

Kita tahu bahwa berpuasa memang tidak dianjurkan untuk anak-anak yang belum akil baliq, namun ada baiknya kita sebagai orangtua pun harus mulai mencoba mengajari anak untuk berpuasa. Mengajarkan anak berpuasa, mungkin akan menjadi perkerjaan yang susah-susah gampang dalam pelaksanaannya. Tetapi, hal ini juga merupakan salah satu tanggung jawab kita untuk bisa mengajarkan anak untuk memahami makna bulan Ramadhan itu secara bertahap dan perlahan. Tidak lupa juga bahwa bulan Ramadhan merupakan kesempatan untuk membuat anak-anak kita sepenuhnya tenggelam dalam nilai-nilai Islam.

Tujuan dari mengajarkan anak berpuasa sebenarnya agar saat menginjak masa puber dan sudah wajib menjalankan puasa Ramadhan, sang, anak sudah bisa menjalankan puasa dengan baik dan benar. Moms perlu ingat juga. sering kali juga anak-anak bersemangat dalam memulai puasa di hari pertama, tetapi pada perjalanannya, banyak juga anak-anak yang sangat sulit untuk menjalaninya selama satu bulan penuh.

Nah untuk mempersiapakan anak berpuasa yuk simak dulu tipsnya!

  1. Pastikan Mental dan Fisik Anak Siap

Moms, kita harus memastikan bahwa mereka siap secara mental dan fisik untuk memastikan si kecil siap berpuasa.  Hal ini penting kita ketahui karena mental dan fisik setiap anak berbeda,  ada beberapa anak yang siap pada usia 4 tahun ada pula yang siap pada usia 6 tahun.  Sebenarnya, itu semua tergantung pada kita sebagai orang tua apakah mereka siap atau tidak untuk menjalankan puasa.

  1. Menjelaskan Arti dari Puasa Pada Anak

Sejak dini kita sebagai orangtua berperan besar dalam mengajari puasa kepada anak. Moms, bagi orang dewasa pastinya sudah memahami apa itu perintah puasa dan juga manfaatnya. Berbeda dengan anak-anak karena mereka belum sepenuhnya paham mengenai perintah berpuasa

Oleh sebab itu,  kita harus memulai untuk mengenalkan arti puasa kepada anak sejak dini sehingga  anak-anak bisa memahami  makna puasa itu sendiri seperti  tidak hanya menahan lapar, tetapi juga memiliki banyak manfaat  lainnya. Kita juga harus menjelaskan istilah-istilaah Ramadhan seperti seperti puasa, tarawih, buka puasa, sahur, imsak, dan lainnya.

Moms! Kita perlu juga mengajak anak ke masjid untuk melihat bagaimana orang-orang alam komunitas melakukan itikat berbuka puasa. Hal tersebut akan membawa anak-anak merasakan menjadi bagian dari sesuatu yang besar yang bisa membuatnya bersemangat menjalankan puasa.

  1. Jangan paksa mereka untuk berpuasa penuh

Moms ingat ya! Jangan paskaan anak untuk berpuasa penuh, sebagai permulaan ada baiknya melakukan puasa setengah hari atau beberapa jam mulai dari subuh hingga jam makan siang.   Hal ini sudah cukup baik untuk berlatih puasa karena  puasa setengah hari tidak akan memberikan beban berat pada si kecil. Sesudah itu, sampaikan kepada anak-anak, mereka telah melakukan hal yang baik sehingga motivasi yang diberikan kita akan memacu anak untuk semangat menjalankan puasa.

  1. Beri penghargaan pada anak

Sebagai orangtua kita harus mengapresiasi usaha si kecil untuk berpuasa, misalkan dengan memberi hadiah. D        engan mengapresiasi anak merupakan bentuk upaya agar anak-anak cenderung termotivasi berpuasa. Hal tersebut juga akan membawa anak-anak merasakan menjadi bagian dari sesuatu yang besar yang bisa membuatnya bersemangat menjalankan puasa

Jangan lupa ya Moms! Ketika mereka berhasil menjalankan ibadah puasa sebulan penuh atau tidak berikan hadiah seperti liburan usai Idul Fitri atau memberikan barang yang mereka inginkan.  Namun bagi anak yang lebih kecil, akan lebih efektif jika diberi hadiah harian. Hadiah harian bisa berupa barang sederhana, atau bahkan hanya berupa bintang dari kertas emas yang ditempel di dinding. Janjikan sebuah hadiah jika bintangnya mencapai 10, 20, atau 30.

  1. Lakukan hal yang menyenangkan saat puasa

Moms! Lakukan hal-hal yang menyenangkan saat si kecil berpuasa ya karena ini merupakan bentuk hiburan untuk anak-anak. Terkadang pula anak-anak cenderung bosan ketika berpuasa, untuk menghindari itu coba lakukan hal-hal menyenangkan. Hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan oleh kita seperti menyiapkan hidangan untuk buka puasa, membuat kue, atau menghias kamar sehingga mereka bisa melupakan rasa lapar, haus, dan lelah.

 

 

Sumber :

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/mempersiapkan-anak-berpuasa

https://id.theasianparent.com/ramadhan-untuk-anak

https://ummiandkids.com/2019/04/7-tips-to-prepare-kids-to-fast-during-ramadan/

https://tirto.id/tips-mempersiapkan-anak-untuk-puasa-di-ramadan-1440-h-2019-drjD