Mengenal Perbedaan Pilek dan Influenza

Poetri | Rabu, 8 Mei 2019

Pilek dan flu adalah salah satu penyakit yang umum menyerang anak-anak. Namun, terkadang banyak orang yang masih sulit membedakan antara penyakit pilek dan influenza. Padahal, penting memahami perbedaan kedua penyakit ini agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih optimal.

Pilek memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan influenza. Jika penyakit pilek bisa membuat kondisi kesehatan memburuk selama beberapa hari, influenza dapat membuat kondisi tubuh memburuk berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Pilek adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Menurut Mayo Clinic, lebih dari 100 virus berbeda dapat menyebabkan flu biasa. Namun, Rhinovirus adalah virus yang paling membuat orang bersin dan sangat menular.

Seseorang bisa mengalami pilek jika mengalami gejala seperti berikut ini:

- Pilek atau hidung tersumbat

- Sakit tenggorokan

- Bersin

- Batuk

- Sakit kepala atau badan

- Kelelahan ringan

Gejala pilek biasanya dimulai dengan tenggorokan sakit selama 1-2 hari, diikuti oleh hidung tersumbat, hidung berair, dan batuk pada hari keempat dan kelima. Gejala demam jarang terjadi pada orang dewasa tetapi tetap ada kemungkinan.

Sementara penyakit influenza, atau flu, bisa menyerang kapan saja sepanjang tahun, dan biasanya bersifat musiman. Influenza kerap terjadi di negara empat musim, yang biasanya berlangsung dari musim gugur hingga musim semi, dan memuncak di musim dingin.

Influenza disebabkan oleh virus influenza A, B, C. Virus influenza A dan B adalah jenis paling umum. Gejala flu dapat berkembang menjadi lebih serius, terutama bagi: anak 

kecil, orang tua, wanita hamil, orang dengan kondisi kesehatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh seperti asma, penyakit jantung, atau diabetes.

Berbeda dengan gejala pilek biasa, gejala influenza biasanya datang secara tiba-tiba. Apa yang membedakan adalah adanya demam. Gejala influenza lainnya termasuk:

- Nyeri di beberapa bagian otot dan sendi

- Rasa sakit dan kelelahan di sekitar mata

- Kelelahan ekstrim

- Sakit kepala

- Batuk kering

- Sakit tenggorokan dan pilek

Orang dewasa dengan influenza biasanya tidak mengalami muntah atau diare, tetapi gejala ini mungkin terjadi pada anak-anak. Tetapi segera dapatkan bantuan medis jika terjadi gejala lain seperti:

- Kesulitan bernapas

- Nyeri atau tekanan di dada atau perut

- Pusing tiba-tiba

- Kebingungan

- Muntah yang parah

Sumber:

https://www.healthline.com/health/cold-flu/cold-or-flu

https://www.webmd.com/cold-and-flu/adult-flu-symptoms