Pentingnya Makanan Bergizi Pada Masa Golden Age

Yuni | Rabu, 8 April 2020

Memiliki anak yang sehat dengan tumbuh kembang yang sempurna  merupakan dambaan semua orang tua, namun tidak ada anak yang tumbuh sehat dan sempurna dengan sendirinya. Orang tua memiliki peranan yang besar dalam menentukan tumbuh kembang buah hatinya. Periode tumbuh kembang anak dibagi menjadi beberapa tahap. Setelah lahir terutama pada 3 tahun pertama kehidupan, pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak masih berlangsung. Masa tersebut juga terus mengalami pertumbuhan serabut syaraf dan cabang-cabangnya. Pertumbuhan jaringan syaraf dan otak anak semakin kompleks yang akan memengaruhi kemampuan perkembangan anak.

Moms pernah dengar masa Golden Age? Golden Age merupakan periode emas perkembangan anak dan sebenarnya periode emas ini sudah dimulai sejak masa kehamilan, karena itu, moms juga perlu memperhatikan asupan gizi seimbang. Membentuk gaya hidup sehat dan memenuhi asupan nutrisi seimbang sebaiknya dimulai sejak awal masa kehamilan.   Sigmun Freud mengatakan bahwa periode usia di bawah lima tahun sebagai periode emas bagi tumbuh kembang anak, karena dalam usia tersebut masa perkembangan anak sangat pesat. Oleh karena itulah di masa golden age ini, asupan makanan bergizi sangat penting diperhatikan karena mempengaruhi pertumbuhan sel-sel otak sebagai dasar kecerdasan setiap individu. Sejak janin dalam kandungan dan usia bayi hingga usia sekitar dua tahun, pertumbuhan sel otak begitu cepat. Selanjutnya, memasuki usia 3-4 tahun, pertumbuhan sel-sel otak tak secepat sebelumnya.

Jadi saat usai Balita, perhatikan pola makan sang buah hati ya moms, berikan makanan yang bergizi dan seimbang. Sediakan menu sehari – harinyanya terdapat sayuran, buah-buahan, biji-bijian, produk susu dan sebagainya. Seorang ibu merupakan sosok yang andalan dalam mengelola menu makan keluarga. Ibu perlu memiliki pengetahuan tentang gizi balita mengenai zat makanan yang dibutuhkan bagi tubuh balita dan kemampuan untuk menerapkannya dalam pola makan sehari – hari. Kurangnya pengetahuan tentang gizi merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan gizi.

Jadi teruntuk moms yang sedang mengandung dan memiliki anak balita, mari cukupi kebutuhan gizi diri dan sang buah hati tercinta karna masa golden age sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Slamat hari anak Balita, mari ciptakan generasi sehat, cerdas dan unggul.