Tips Anak Tetap Sehat di Musim Hujan

Yuni | Kamis, 20 Februari 2020

Moms, perubahan suhu udara yang sering tidak menentu saat ini bisa membuat kondisi Si Kecil dengan mudah rentan jatuh sakit.  Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari hingga Maret 2020. Hal ini yang membuat para Moms harus lebih waspada dan memerhatikan kesehatan anak-anak sebaik mungkin.

Saat musim hujan, ada beberapa penyakit yang mungkin akan menyerang Si Kecil. Mulai dari flu, demam berdarah, penyakit kulit dan berbagai macam penyakit lainnya. Ditambah lagi melemahnya daya tahan tubuh yang disebabkan oleh pergantian suhu ekstrim sehingga kurangnya asupan vitamin juga bisa menjadi salah satu sebab tubuh Si Kecil mudah terserang penyakit.

Untuk memastikan Si Kecil tetap sehat dan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, ada beberapa yang harus dilakukan.

Perbanyak minum air

Jagalah agar anak terhindar dari dehidrasi dengan memberikan cukup air minum dan jus sepanjang hari. Dengan memperbanyak air minum secara lansung bisa melindungi tubuh si Kecil. Tak hanya itu loh! Ternyata air putih merupakan salah satu cara untuk membuang kuman melalui air seni yang dikeluarkan.  

Nah Moms, batasi juga ya anak-anak dalam mengonsumsi minuman dingin khusus di musim hujan ini karena bisa membuat Si Kecil mengalami batuk dan Pilek Membekali Si Kecil air putih juga baik untuk menjaga kesehatannya. Selanjutnya, minum minuman penghangat tubuh penting untuk menjaga kesehatan, apalagi setelah kehujanan

Ingat ya Moms! selalu berikan minum air putih yang bersih karena jika kita memberikan minuman yang kurang bersih anak-anak akan lebih rentan terkena sejumlah penyakit salah satunya seperti diare.

Berikan asupan makanan yang bergizi

Moms, jangan lupa berikan Si Kecil makanan sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Sajikan makanan 4 sehat 5 sempurna atau seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Ada beberapa jenis makanan wajib dikonsumsi dan harus memenuhi unsur yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral serta kebutuhan cairan yang tercukupi. Berikan juga Si Kecil susu dengan probiotik yang dapat membantu membangun pertahanan tubuhnya. Agar Si Kecil tidak mudah terserang kuman penyakit, kita harus memperhatikan asupan nutrisinya dan terpenuhi dengan baik. 

Cukupi istirahat dan tidur Si Kecil

Tahu nggak sih Moms? Jika Si Kecil kurang tidur bisa berdampak kepada tubuh  loh sehingga lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Hal ini membantuk untuk meningkatakan daya tahan dan kebugaran anak pada musin hujan. Untuk para Moms yang mempunyai anak-anak yang aktif malam hari, biasakan untuk mengajaknya tidur siang.

Biasakan untuk tidur siang, pasalnya tidur siang tidak hanya bisa membuat tubuh Si Kecil istirahat dan baik untuk pertumbuhannya. Sistem kekebalan tubuh anak akan lebih kuat jika kebutuhan istirahat di siang hari tercukupi. Pastikan juga Si Kecil memiliki pola tidur malam yang teratur dan cukup sehingga tubuh berkerja lebih efektif.  

Jangan lupa ciptakan kondisi rumah yang bersih

Kita harus memperhatikan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih selama musim hujan. Hal untuk meminimalisir dan mencegah nyamuk dan hewan penyebab penyakit lainnya berkembang biak menempati rumah.

Memperhatikan kondisi lingkungan rumah merupakan hal efektik agar virus dan penyakit tidak bersarang. Bersihkan rumah secara teratur termasuk membersihan genangan-genangan yang dapat menjadi tempat perkembang biakan nyamuk. Selain lingkungan rumah, Moms perlu memperhatiakan tempat tidur Si Kecil, bersihkan mengunakan deterjen anti bakteri sehingga Si Kecil nyaman. Jangan lupa ingatkan Si Kecil untuk melakukan cuci tangan juga ya!

Siapkan perlengkapan musim hujan untuk Si Kecil

Diperlukan kesiapan preventif bagi kita untuk Si Kecil dan selalu siapkan baju hangat, jaket dan payung ketika hendak bepergian terutama ketika membawa serta anak. Perlengkapan hujan ini bisa meliputi payung, jas hujan, dan sepatu hujan sehingga terlindungi dari basah kutup dan air hujan yang mungkin terkontaminasi dengan bakteri.  

Jangan sembarangan jajan

Batasi jajanan anak sementara untuk menjaga kesehatan Si Kecil dan tentunya wajib menghindari jajan dan makan makanan di pinggir jalan. Karena makanan pinggir jalan mungkin dari sisi kebersihan dan kesehatannya tak terjamin. Penting bagi para Moms untuk,membawa bekal dan makan makanan yang dimasak di rumah karena kita bisa tahu kebersihanyan.

Konsumsi Vitamin

Setelah semua sudah dilakukan oleh kita jangan lupa juga memberikan anak vitamin. Hal ini sebagai suplemen yang dapat membantu mempercepat pemulihan penyakit atau sebagai preventif bagi Si Kecil.  

Perhatikan Jadwal Vaksinasi Anak

Terakhir jangan lupa cek update secara berkala untuk melakukan vaksinasi  Si Kecil agar tubuhnya terlindung dari penyakit.

 

Sumber :

https://oiplayschool.com/keeping-your-kids-safe-healthy-during-rainy-season/

https://whatparentsask.com/precautions-during-rainy-season-keep-your-child-healthy/

https://id.theasianparent.com/vitamin-anak-di-musim-hujan

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191230142056-20-461023/bmkg-prediksi-curah-hujan-meningkat-januari-maret-2020

https://www.bkkkids.com/blog/7-health-safety-tips-rainy-season/