Tunda Liburan Keluarga Saat Pandemi

Yuni | Senin, 13 Juli 2020

Setelah naik kelas dan lulus, libur sekolah pun tiba. Biasanya liburan anak diisi dengan pergi ketempat wisata atau mengunjungi rumah sanak saudara yang ada di luar kota. Namun dengan kondisi new normal ini, membuat liburan harus ditunda dulu yah moms. Ditengah pandemi yang masih tinggi ini, sangat tidak dianjurkan membawa anak ke tempat keramaian. Dikutip dari kompas.com, Ketua Umum PP Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman B Pulungan menganjurkan kepada orang tua agar tidak membawa anak ke tempat keramaian sementara ini. Tujuannya agar terhindar dari virus corona COVID-19. Perlu diperhatikan bahwa anak-anak tetap rentan terinfeksi karena memiliki daya tahan tubuh yang rendah dibandingkan orang dewasa.

Di awal pandemi Covid-19, anak-anak disebut sebagai kelompok usia yang relatif tidak rentan terkena virus corona ini. Meskipun demikian, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengemukakan fakta bahwa tingkat penularan virus corona pada anak-anak di Indonesia tergolong cukup tinggi sehingga harus membuat orangtua waspada.

Berdasarkan rilis resmi IDAI per 18 Mei 2020, tak kurang dari 584 anak dinyatakan positif mengidap Covid-19 dan 14 anak di antaranya meninggal dunia. Sementara itu, jumlah anak yang meninggal dunia dengan berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 berjumlah 129 orang dari 3.324 anak yang dinyatakan sebagai PDP tersebut.

Tingginya kasus penularan virus corona pada anak-anak di Indonesia juga dibenarkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). Hingga 28 Mei 2020 lalu, total kasus anak-anak yang terpapar Covid-19 mencapai 5 persen dari total kasus yang dilaporkan ke pemerintah.

Jadi mari liburan dirumah aja dulu ya moms, ciptakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan bersama, jadikan kesehatan keluarga menjadi prioritas.

 

Sumber: kompas.com, sehatq.com