Apa Perbedaan Vaksin MR dan MMR?

Poetri | Rabu, 26 Juni 2019

Banyak dari kita yang belum tahu, apa perbedaan Vaksin MR dan Vaksin MMR. Secara nama, sangat tipis antara Vaksin MR dan Vaksin MMR. Keduanya hanya dibedakan oleh kelebihan huruf M.  Untuk itu, yuk kita gali lebih lanjut informasinya untuk mengetahui perbedaan vaksin MR dan MMR di sini

Vaksin MR

Vaksin MR (Measles Rubella) adalah kombinasi vaksin campak dan rubella yang bertujuan untuk mencegah penyakit campak dan rubella. 

- Campak

Campak dapat menyebabkan demam tinggi, ruam kulit yang parah, batuk, pilek, mata merah dan berair. Beberapa komplikasi yang bisa menyertai campak, yaitu infeksi telinga, diare, radang paru-paru, kerusakan otak, bahkan kematian.

- Rubella

Rubella atau dikenal juga dengan nama Campak Jerman, merupakan penyakit ringan, tetapi dapat memiliki konsekuensi serius bagi wanita hamil dan anak-anak. Jika ibu hamil terinfeksi Rubella pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital di antaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan. 

Vaksin MMR

Vaksin MMR (Measles, Mumps, dan Rubella) adalah vaksin yang mencegah penyakit campak, rubella dan gondongan. 

- Gondongan atau Mumps

Gondongan atau Mumps menyebabkan demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan kelenjar air liur yang membengkak. 

Komplikasi gondongan dapat meliputi pembengkakan testis atau ovarium, ketulian, radang otak dan / atau jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang (ensefalitis / meningitis), bahkan hingga kematian.

Sudah jelas kan perbedaan vaksin MR dan MMR? 

Perlukah Anak Mendapatkan Vaksin MR Meski Telah Mendapatkan Vaksin MMR?

Vaksin MR dan MMR sama pentingnya. Melansir dari laman searo.who.int, saat ini pemerintah memprioritaskan pengendalian campak dan rubella karena bahaya komplikasinya yang berat dan mematikan. Meski anak telah mendapatkan imunisasi MMR, namun tetap aman memberikan vaksin MR untuk memastikan kekebalan penuh terhadap penyakit campak dan rubella.

Sumber:

https://measlesrubellainitiative.org/learn/the-problem/

http://www.depkes.go.id/article/view/17072000002/imunisasi-measles-rubella-lindungi-anak-kita.html

https://www.cdc.gov/vaccinesafety/vaccines/mmr-vaccine.html

http://www.searo.who.int/indonesia/topics/immunization/leaflet_untuk_orangtua.pdf