Bekas Suntikan BCG Pada Bayi, Aman?

Poetri | Senin, 17 Juni 2019

Bekas suntikan BCG pada bayi aman? Sejatinya aman, tapi sebelum membahas itu, kita bahas penyakit BCG terlebih dahulu. BCG, atau bacille Calmette-Guerin, merupakan vaksin untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TB). BCG digunakan di banyak negara dengan kasus TB yang tinggi untuk mencegah meningitis tuberkulosis dan penyakit milier. 

Vaksinasi BCG diberikan kepada anak-anak yang memiliki risiko lebih tinggi terkena TB. Vaksin ini membantu sistem kekebalan anak untuk melawan kuman penyebab TB. Vaksin BCG dapat melindungi anak dari penyakit TB serius hingga 15 tahun setelah vaksinasi.

Vaksin BCG diberikan dengan menyuntikan vaksin di lengan atas mereka. Waktu terbaik untuk vaksin BCG yaitu beberapa hari sejak lahir sampai usia dua bulan.

Beberapa orangtua mengeluhkan adanya luka kecil kemerahan di tempat suntikan 2-4 minggu usai vaksinasi BCG, khawatir terjadinya efek jangka panjang yang akan berisiko bagi anak ke depannya.

Namun, secara umum semua ini secara bertahap akan mereda dan sembuh dalam beberapa minggu, meninggalkan bekas luka kecil di belakang atau tidak ada bekas luka sama sekali.

Dalam 1-6 minggu, lepuh merah kecil dapat muncul di tempat injeksi diberikan

Setelah 6-12 minggu, lepuh bisa berubah menjadi sakit kecil. Jika ini terjadi, tutupi dengan kain kasa untuk memungkinkan udara masuk. Jangan gunakan plester yang menempel.

Luka bisa memakan waktu hingga 3 bulan untuk sembuh, dan mungkin meninggalkan bekas luka kecil. Ini hal yang normal.

Orangtua tidak perlu khawatir jika ada nanah atau ulserasi di tempat suntikan. Ini adalah reaksi normal. Anak bisa mandi seperti biasa. Tetap jaga tempat injeksi vaksin bersih dan kering. Gunakan air matang dingin untuk membersihkan jika perlu, dan lap dengan kain kasa bersih sesudahnya.

Jangan menggunakan obat atau salep apa pun dan jangan mengompres atau membalut tempat suntikan. Hindari penggunaan pakaian ketat. Jika kondisinya semakin memburuk atau berlanjut, orangtua dapat memeriksakan bayi ke dokter.

Perlu diingat bahwa vaksin BCG tidak boleh diberikan kepada bayi dengan HIV, atau jika ada riwayat keluarga atau kekhawatiran tentang defisiensi imun tubuh.

Bekas suntikan BCG pada bayi aman kan?

Sumber:

https://www.cdc.gov/tb/publications/factsheets/prevention/bcg.htm

https://www.healthed.govt.nz/resource/bcg-vaccine-information-parents-%E2%80%93-english-version

https://www.fhs.gov.hk/english/health_info/faq/child_health/Imm1_5_3.html

https://www.parent24.com/Baby/FAQs/QA-My-baby-has-a-pimple-at-the-site-of-her-BCG-injection-20150826