Imunisasi Anak Pada Waktu Pandemi COVID – 19

Yuni | Senin, 27 April 2020

Saat ini sebagian besar wilayah di Indonesia telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hal ini diberlakukan untuk memutus rantai penularan virus corona. Masyarakat tidak diperbolehkan untuk berpergian jika tidak ada keperluan khusus seperti bekejra tau membeli kebutuhan pokok. Nah bagi para momies yang akan memenuhi jadwal vaksinasi buah hati tercinta, tidak perlu bingung, berikut rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)  tentang Imunisasi Anak di Situasi Pandemi COVID?19:

 

Pada   wilayah   dengan   penularan   luas   Covid19,   jika    tidak   memungkinkan  imunisasdapat   ditunda   1   bulan,    namun   segera   diberikan   bila   situasi memungkinkan. Apabila banyak bayi atau balita yang tidak mendapat imunisasi dasar lengkap, kelak dapat terjadi wabah penyakit lain yang akan mengakibatkan banyak anak sakit berat, cacat, maupun meninggal.

 

Apa yang harus dilakukan dalam pelaksanaan pemberian imunisasi dasar di tengah pandemi COVID?19?

  • Pastikan untuk menghubungi layanan imunisasi untuk mengatur jadwal kedatangan agar anak tidak banyak berkumpul terlalu lama
  • Bagi orang tua, gunakan masker saat membawa anak ke layanan imunisasi.
  • Sediakan hand sanitizer.
  • Perhatikan aturan berkendara dan bepergian untuk orang tua yang tinggal di daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
  • Sekembalinya ke rumah, segera bersihkan diri, dan ganti pakaian Anda dan anak.