Kenapa Orang Dewasa Perlu Vaksin Influenza?

Poetri | Selasa, 7 Mei 2019

Meski sering dianggap remeh, influenza bisa menyebabkan komplikasi yang berujung kematian.  Inilah alasan kenapa orang dewasa perlu vaksin influenza.  Maka, jangan percaya jika ada mitos yang mengatakan bahwa orang dewasa tidak perlu vaksin influenza. Justru influenza dapat menyebabkan komplikasi serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan sekolah.

Kenapa vaksin influenza itu penting?

Influenza merupakan penyakit serius yang penyebarannya cukup mudah. Bahkan orang yang dalam kondisi fit sekalipun bisa menjadi sakit karena flu dan dapat menular dengan mudah. Maka, mendapatkan vaksin setiap tahunnya merupakan langkah terbaik untuk mengurangi risiko terkena flu dan menularkannya kepada orang lain. Semakin banyak orang divaksin tentu penyebaran flu akan semakin sedikit.

Siapa saja yang harus mendapat vaksin influenza?

Vaksin influenza bisa diberikan kepada orang yang berusia 6 bulan ke atas. Vaksin juga aman untuk diberikan kepada ibu hamil. Orang yang sebaiknya mendapatkan vaksin influenza antara lain, anak-anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun, orang yang berusia 50 tahun ke atas, orang dengan penyakit paru kornis seperti asma, kardiovaskular, ginjal, hati, neurologis, hematologis atau kelainan metabolisme juga perlu mendapatkan vaksin influenza.

Ibu hamil juga ternyata direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin influenza. Petugas pelayan medis serta orang yang melayani orang jompo serta orang sakit juga perlu mendapatkan vaksinasi sebab sangat rentan terkena virus influenza.

Tempat mendapatkan vaksin influenza

Vaksin influenza bisa didapatkan di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan klinik. Biaya untuk vaksin flu juga sangat bervariatif tergantung dengan jenis vaksinnya. Banyak orang yang menganggap bahwa vaksin influenza tak penting, namun mengingat mudahnya penyebaran influenza perlu pencegahan yang efektif.