Mengenal Apa Itu Vaksin Hepatitis B

Poetri | Rabu, 13 Maret 2019

Yuk kita mengenal apa itu vaksin Hepatitis B. Vaksin hepatitis B merupakan vaksin untuk mencegah infeksi akut dan infeksi kronik yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Seseorang yang terkena virus hepatitis B akan mengalami infeksi berat pada organ hati. Infeksi virus hepatitis B ini bisa hadir dalam tingkat yang akut dan juga terjadi menahun. Vaksin hepatitis akan memberikan kekebalan aktif terhadap virus tersebut. Maka, vaksin dibutuhkan untuk mencegah penyakit ini.

Kapan harus melakukan vaksin hepatitis B?

Vaksin hepatitis B merupakan salah satu jenis vaksin yang wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir. Pada bayi baru lahir, suntikan akan diberikan empat kali. Dosis pertama pada saat baru dilahirkan, dosis kedua pada usia 1-2 bulan, dosis ketiga pada usia 3 bulan, dan dosis keempat pada usia 4 bulan. Sebagian bayi menerima empat dosis jika menggunakan vaksinasi hepatitis kombinasi. Hal ini digunakan untuk memberikan kekebalan tubuh jangka panjang.

Bagaimana jika orang dewasa belum melakukan vaksin hepatitis B? Vaksin hepatitis B tidak hanya penting untuk bayi saja. Pada dasarnya, seseorang yang belum pernah mendapat imunisasi Hepatitis B atau yang tidak memiliki antibodi anti-HBs, potensial untuk terinfeksi virus Hepatitis B.  Vaksinasi pada dewasa dengan jumlah lengkap tiga dosis akan memberikan perlindungan terhadap virus hepatitis lebih dari 90%.

Efek samping vaksin Hepatitis B

Reaksi lokal yang umumnya sering dirasakan oleh orang yang melakukan vaksin hepatitis B adalah rasa sakit, kemerahan dan pembengkakan di sekitar tempat penyuntikan yang bersifat ringan dan sementara. Reaksi berat akibat vaksin Hepatitis B memang jarang terjadi. Namun, jika memiliki riwayat alergi sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, orang dewasa yang ingin mendapatkan vaksin Hepatitis B harus memastikan tubuhnya dalam keadaan sehat. Sebab, pada sebagian orang melakukan imunisasi dalam kondisi tubuh yang menderita penyakit ringan dapat berisiko membawa efek samping lainnya.  Katakan kepada petugas mengenai kondisi tubuh agar petugas mengetahui apakah seseorang memungkinkan untuk melakukan imunsasi saat itu atau tidak.

Biaya vaksin Hepatitis B

Vaksin Hepatitis B termasuk dalam lima imunisasi dasar yang disarankan oleh pemerintah. Untuk bayi dan anak-anak mendapatkan vaksin Hepatitis B bersama dengan imunisasi BCG, polio, DPT-HB dan campak secara cuma-cuma di Posyandu serta Puskesmas. Sementara imunisasi hepatitis B pada orang dewasa bisa dilakukan di rumah sakit dengan kemauan pribadi serta biaya yang ditanggung sendiri.

Sumber:

1. Wawancara dengan dokter biofarma

2. Infodatin Kementerian Kesehatan

Sudahkah kan kita mengenal apa itu vaksin Hepatitis B dengan lengkap berdasarkan informasi di atas.