Mengenal Apa Itu Vaksin Influenza

Poetri | Rabu, 8 Mei 2019

Influenza merupakan penyakit yang berpotensi serius. Banyak orang yang menganggap enteng flu yang menyerang pada tubuh. Padahal, influenza adalah penyakit pernapasan virus yang dapat tersebar dengan mudah. Jika terjadi komplikasi lebih lanjut, penyakit influenza bisa berujung pada kematian. Untuk itu, kita perlu mengenal vaksin influenza. Vaksin influenza merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit influenza.

Mengenal Vaksin Influenza

Untuk mencegah penyakit influenza, vaksin flu akan membuat antibodi berkembang dalam tubuh sekitar dua minggu setelah vaksinasi. Antibodi ini akan memberikan perlindungan terhadap infeksi virus influenza.

Vaksin flu yang disebut trivalent akan melindungi tubuh dari tiga jenis flu yakni virus influenza A (H1N1), virus influenza A (H3N2) dan virus influenza B. Ada pula vaksin flu yang melindungi empat virus flu yang sering disebut quadrivalent. Vaksin ini melindungi terhadap virus yang sama dengan vaksin trivalent hanya saja ada tambahan perlindungan terhadap virus Influenza tipe B.

Kapan harus melakukan vaksin influenza?

Vaksinasi flu sangat penting sebab dapat mengurangi penyakit flu yang berakibat pada terhambatnya aktivitas seperti tidak masuk kerja dan sekolah. Lakukan vaksin ini secara rutin satu tahun sekali apalagi di kala musim flu tiba.

Vaksin flu aman digunakan untuk segala usia mulai dari anak berusia 6 bulan ke atas hingga orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas. Jenis vaksin sama hanya dosisnya yang berbeda (jika konteksnya flubio). Suntikan flu ini juga aman diberikan untuk ibu hamil.

Efek samping virus influenza

Efek samping setelah mendapatkan influenza mirip dengan reaksi vaksinasi pada umumnya misalnya nyeri serta muncul kemerahan atau bengkak di area suntikan. Sangat jarang seseorang akan mengalami efek samping yang cukup parah.

Selain itu, orang dewasa yang ingin mendapatkan vaksin influenza  harus memastikan tubuhnya dalam keadaan sehat. Sebab, pada sebagian orang melakukan imunisasi dalam kondisi tubuh yang menderita penyakit ringan dapat berisiko membawa efek samping lainnya.  Katakan kepada petugas mengenai kondisi tubuh agar petugas mengetahui apakah seseorang memungkinkan untuk melakukan imunsasi saat itu atau tidak.

Sumber artikel:

1. https://www.webmd.com/vaccines/flu-shot-guidelines-for-adults#3-6

2. https://www.cdc.gov/flu/consumer/vaccinations.htm