Meningitis Bisa Dicegah Dengan Vaksin

Yuni | Jumat, 24 April 2020

Indonesia baru saja berduka, kehilangan salah satu sosok musisi terbaik. Glenn Fredly telah berpulang pada 8 April 2020 dikarenakan menderita penyakit meningitis atau radang selaput otak.  Musisi yang terkenal lewat lagu – lagunya yang puitis ini bukan satu – satunya artis yang meninggal karena meningitis, almarhum Olga Syahputra pun meninggal karena penyakit yang sama.

Meningitis sebenarnya merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Meningitis merupakan penyakit peradangan pada meningen atau lapisan pelindung otak dan saraf tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi. Meningen yang terinfeksi dapat membengkak dan menekan otak. Infeksi juga dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan menyebabkan sepsis. Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, dan kuman lainnya. Infeksi bakteri meningokokus Neisseria meningitidis merupakan salah satu penyebab meningitis terbanyak di dunia.

Penyebaran meningitis meningokokus dilakukan melalui droplet pernapasan atau melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi droplet tersebut. Pencegahan meningitis meningokokus yang paling efektif adalah dengan imunisasi. Negara Arab Saudi mewajibkan jamaah umrah dan haji yang hendak beribadah ke tanah suci untuk mendapatkan imunisasi meningitis meningokokus strain A, C, Y, dan W. Hal ini dikarenakan banyaknya jamaah yang berasal dari daerah endemik meningitis dan dikhawatirkan akan terjadi penularan saat melakukan rangkaian ibadah di tanah suci. Imunisasi meningitis meningokokus dapat dibuktikan melalui International Certificate of Vaccination (ICV) yang berlaku selama 2 tahun.

Tanggal 24 April tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Meningitis Sedunia, yang juga bertepatan dengan rangkaian Pekan Imunisasi Dunia. Lindungi diri dan orang di sekitar Anda dari infeksi meningitis meningokokus. Cegah dengan imunisasi!

Tagged :