Perlukah Vaksin MR pada Orang Dewasa?

Poetri | Rabu, 26 Juni 2019

Perlukah Vaksinasi MR pada orang dewasa? Ya pertanyaan itu keluar karena Vaksin MR (Measles dan Rubella) umumnya diberikan pada anak. Vaksinasi MR adalah jenis imunisasi untuk mencegah dua penyakit sekaligus, yaitu Campak dan Rubella. Melansir dari laman depkes, vaksinasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama masa kampanye. 

Imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin segera setelah masa kampanye berakhir, diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan anak kelas 1 SD/sederajat secara gratis tanpa dipungut biaya. 

Meski demikian, vaksin MR tidak hanya diberikan untuk anak-anak saja tetapi orang dewasa juga memerlukannya. Meski tidak ada keharusan, vaksin MR pada orang dewasa diperlukan jika sewaktu kecil tidak mendapatkan vaksinasi lengkap. Sebab, Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi yang sangat menular yang disebarkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi melalui batuk dan bersin. 

Campak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, bahkan bisa menyebabkan komplikasi serius yang meliputi kebutaan, ensefalitis, diare, dan infeksi saluran pernapasan parah seperti pneumonia hingga kematian.

Sementara Rubella ialah infeksi virus ringan yang paling sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda. Bila penyakit Rubella menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. 

Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital di antaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan. Namun, bagi wanita hamil tidak boleh mendapatkan vaksin MR, kecuali untuk wanita yang ingin merencanakan kehamilan.

Jadi, yang belum mendapatkan imunisasi lengkap, jangan lupa vaksinasi MR pada orang dewasa ya

Sumber:

http://www.depkes.go.id/article/view/17072000002/imunisasi-measles-rubella-lindungi-anak-kita.html
http://www.searo.who.int/india/topics/measles/faqs_measles_rubella_vaccine_english.pdf