Perlukan Khawatir Bila Anak Demam Pasca Vaksin?

Yuni | Rabu, 29 April 2020

Moms, kita tahu dengan vaksin tubuh akan terlindung dari penyakit berbahaya sebelum penyakit itu menyerang tubuh kita. Sebagian orang tua merasakan khawatir saat anaknya demam setelah mendapatkan vaksin. Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh berada diatas suhu normal (≥ 38°C). Demam bukanlah suatu penyakit, namun demam adalah salah satu respon terhadap zat asing yang masuk dalam tubuh.

 

Demam seringkali terjadi sebagai efek samping dari imunisasi. Zat asing yang terdapat dalam vaksin dapat merangsang tubuh membentuk pertahanan terhadap infeksi dan juga memicu tubuh untuk memberi sinyal bahwa ada zat asing yang masuk dengan meningkatkan suhu tubuh. Jadi, Tak perlu merasa khawatir mengenai efek samping dari vaksin itu sendiri Moms! karena itu tandanya pertahanan tubuh kita sedang dibentuk. Demam umumnya akan membaik 2?3 hari setelah imunisasi.

 

Efek samping yang ditimbulkan setelah imunisasi umumnya bersifat ringan dan cenderung membaik dalam 2?3 hari setelah imunisasi. Efek samping yang sering timbul diantaranya adalah demam, nyeri, kemerahan dan bengkak di sekitar lokasi penyuntikan. Untuk menangani demam setelah vaksinasi, dapat diberikankompres hangat di daerah lipat ketiak dan lipat selangkangan selama 10?15 menit. Hal tersebut dapat membantu menurunkan suhu tubuh dengan penguapan panas melalui pori?pori kulit. Selain itu, pastikan tubuh menerima cukup asupan cairan. Jika suhu tubuh terus meningkat, dapat diberikan obat penurun panas.

 

Untuk menangani bengkak setelah vaksinasi dapat diberikan kompres dingin pada daerah sekitar penyuntikan. Optimalnya, kompres dingin diberikan segera hingga 48 jam setelah muncul bengkak. Selain itu, kompres dingin juga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwwa vaksinasi diperkirakan dapat mencegah sekitar 2-3 juta kematian setiap tahunnya. Dengan kita melakukan vaksin ini merupakan bentuk untuk investasi kesehatan yang paling efektif sehingga bisa mencegah kejadian yang tidak diinginkan di masa depan nanti.

Ingat ya Moms! tidak semua anak akan memberikan respon yang sama terhadap jenis vaksin tersebut alasanya karena ada beberapa anak yang tidak mengalami demam pasca vaksin. Hal yang harus kita tangani untuk mengurangi ketidaknyamanan pasca vaksin yaitu dengan memberi obat pereda nyeri non-aspirin dan mengompres hangat disekitar dahi. Jika keluhan masih berlanjut, segeralah berkonsultasi ke dokter ya Moms!

 

Sumber :

https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/immunization-reactions/

https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/immunizations/Pages/Your-Babys-First-Vaccines.aspx

https://www.cdc.gov/vaccines/parents/tools/parents-guide/downloads/parents-guide-part2.pdf

https://www.vaccines.gov/basics/safety/side_effects

https://www.cdc.gov/vaccines/vac-gen/side-effects.htm

Tagged :