Vaksin Influenza Pada Anak

Poetri | Selasa, 7 Mei 2019

Cara terbaik untuk mencegah flu adalah dengan vaksin influneza. Anak di atas usia enam bulan perlu mendapatkan vaksin ini setiap tahun. Perlu diingat bahwa vaksinasi sangat penting bagi orang-orang tertentu yang berisiko tinggi atau yang berhubungan dekat dengan orang-orang berisiko tinggi, termasuk anak-anak yang berisiko tinggi terkena komplikasi penyakit flu.

Jenis vaksin flu untuk anak-anak

Anak-anak di atas 6 bulan dan lebih tua harus mendapatkan vaksin influenza (flu) tahunan. Jenis vaksin pada anak berbeda-beda. Pada anak usia 6 bulan ke atas akan mendapatkan vaksinasi influenza tidak aktif atau IIV. Vaksin ini diberikan dalam bentuk suntikan dan dibuat dengan virus flu yang tidak aktif. Ada pula vaksin dengan bentuk semprotan hidung atau vaksin influenza hidup yang dilemahkan (LAIV4) yang digunakan pada anak di atas 2 tahun hingga orang dewasa 49 tahun. Namun, umumnya vaksin dalam bentuk suntikan yang diberikan kepada anak-anak.

Dosis vaksin flu untuk anak

Anak berusia di atas 6 bulan hingga anak 8 tahun membutuhkan dua dosis vaksin influenza. Anak berusia 6 bulan sampai 8 tahun yang mendapatkan vaksinasi pertama kalinya harus langsung mendapatkan dua dosis. Dosis kedua diberikan setidaknya 28 hari setelah dosis pertama. Dosis pertama untuk membentuk kekebalan tubuh, dosis kedua untuk lebih meningkatkan lagi kekebalan dan mempertahankannya dalam waktu yang lama.

Kapan pemberian vaksin influenza pada anak?

Anak-anak harus divaksinasi setiap musim flu untuk perlindungan terbaik terhadap flu. Untuk anak-anak yang membutuhkan dua dosis vaksin flu, dosis pertama harus diberikan sedini mungkin. Namun, mendapatkan vaksinasi nanti masih bisa bersifat melindungi, selama virus flu sedang beredar. Dibutuhkan waktu sedikitnya sekitar dua minggu setelah vaksinasi untuk mengembangkan antibodi dalam tubuh yang melindungi terhadap infeksi virus influenza. Maka, anak harus secara rutin mendapatkan vaksin influenza.

Sumber artikel:

1. https://www.cdc.gov/flu/protect/children.htm