Tips Mengatasi Demam pada Anak Setelah Imunisasi

Imunisasi perlu dilakukan agar anak memiliki kekebalan tubuh untuk menangkis virus atau infeksi tertentu. Namun seringkali muncul efek samping berupa demam, yang membuat orang tua merasa cemas dan ragu untuk kembali memberi imunisasi.

Sumber: Bali Health Digest
Sumber: Bali Health Digest

Kepada detikhealth.com, dr. Soedjatmiko, SpA(K) menyatakan bahwa demam merupakan reaksi yang wajar dialami anak. Anggota Satuan Tugas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini mengibaratkannya seperti rasa pedas yang muncul setelah makan sambal. Obat penurun panas dapat diberikan jika demam yang dialami anak melewati angka 37.5 derajat ceclius.

“Jika dalam 4 jam demam tidak turun, segera kembali ke dkter atau ke fasilitas kesehatan,” pesan dr Soedatjmiko.

Orang tua tidak perlu khawatir jika bayi mengalami demam pasca imunisasi vaksin DPwT atau DPT biasa. Respons ini wajar terjadi dan ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasinya. Dikutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), reaksi yang dapat terjadi segera setelah vaksinasi DPT antara lain demam tinggi, rewel, di tempat suntikan timbul kemerahan, nyeri, dan membengkak, yang baru akan hilang dua hari kemudian.

Dalam menghadapi anak yang terkena demam setelah imunisasi, orang tua atau pengasuh dianjurkan untuk memberikan minum lebih banyak (ASI atau air buah). Apabila anak masih demam, berikan pakaian yang tipis dan jangan berbahan tebal. Jika perlu, bekas suntikan yang nyeri dapat dikompres dengan air dingin.

Kemudian, bayi yang demam boleh dimandikan atau cukup diseka dengan menggunakan air hangat. Jika diperlukan, berikan paracetamol 15mg/kg berat badan setiap 2-4 jam, maksimal 6 kali atau 24 jam, atau atas petunjuk dokter. Namun apabila reaksi-reaksi tersebut berat dan menetap, maka orang tua disarankan untuk membawa anak untuk diperiksa oleh dokter. (NNS)

 

Sumber

  • detik.com
  • alodokter.com

 

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *