Bekas Suntikan Imunisasi BCG Aman

suntikanImunisasi BCG atau Bacillus Calmette Guerin merupakan upaya pencegahan penyakit TBC (Tuberculosis).Vaksin BCG itu sendiri merupakan kuman TB hidup yang sudah dilemahkan dan diharapkan ini dapat menciptakan antibodi pada tubuh bayi untuk melawan penyakit TBC. Penyuntikan BCG ini dilakukan saat bayi berumur 13 bulan. Suntik BCG yang dianjurkan oleh WHO diberikan di lengan kanan atas dan bukan di bagian paha, karena di bagian paha banyak terdapat lemak dan ini menyulitkan untuk ditembus oleh vaksin itu sendiri. Akan tetapi masih banyak juga yang memberikannya di paha karena alasan estetika.

Imunisasi BCG pada umumnya menimbulkan bekas suntikan di area yang penyuntikan. Sebenarnya bekas parutan (benjolan ) yang ditimbulkan setelah imunisasi BCG itu tidak perlu dirisaukan, karena akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu imunisasi BCG juga menimbulkan beberapa reaksi seperti:

1. Reaksi normal

Bakteri BCG ditubuh bekerja dengan sangat lambat. Setelah 2 minggu akan terjadi pembengkakan kecil merah di tempat penyuntikan dengan garis tengah 10 mm.
Setelah 2 3 minggu kemudian, pembengkakan menjadi abses kecil yang kemudian menjadi luka dengan garis tengah 10 mm, jangan berikan obat apapun pada luka dan biarkan terbuka atau bila akan ditutup gunakan kasa kering. Luka tersebut akan sembuh dan meninggalkan jaringan parut tengah 37 mm.

2. Reaksi berat

Kadang terjadi peradangan setempat yang agak berat atau abses yang lebih dalam, kadang juga terjadi pembengkakan di kelenjar limfe pada leher / ketiak, hal ini disebabkan kesalahan penyuntikan yang terlalu dalam dan dosis yang terlalu tinggi.

3. Reaksi yang lebih cepat

Jika anak sudah mempunyai kekebalan terhadap TBC, proses pembengkakan mungkin terjadi lebih cepat dari 2 minggu, ini berarti anak tersebut sudah mendapat imunisasi BCG atau kemungkinan anak tersebut telah terinfeksi BCG.

Bekas parutan (benjolan ) yang ditimbulkan setelah imunisasi BCG itu tidak perlu dirisaukan, karena akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Benjolan yang timbul di lengan kanan atas bayi setelah disuntik BCG itu merupakan salah satu indikator keberhasilan dari imunisasinya. Bisul ini awalnya berupa bentol besar yang kemudian berbentuk bisul kecil yang mengeluarkan nanah. Bisul kecil yang bernanah ini tidak boleh dipencet karena dikhawatirkan akan menimbulkan infeksi atau luka baru, lebih baik dibiarkan saja pecah sendiri. Setelah itu akan muncul tanda keberhasilan imunisasi yaitu berupa benjolan kecil atau seperti digigit nyamuk.Keberhasilan imunisasi BCG ini akan terlihat paling lambat 3 bulan atau paling cepat 1 bulan setelah imunisasi. (Fe)

Sumber:

http://artikeltentangkesehatan.com/bekasdikulitpadasuntikbcg.html

http://pondokibu.com/efeksampingimunisasibcg.html

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *