Cegah Penyakit Influenza pada Perubahan Musim

Sumber Foto:  thecostaricanews.com
Sumber Foto:
thecostaricanews.com

Musim pancaroba sering dianggap sebagai penyebab datangnya berbagai penyakit. Perubahan musim dari penghujan ke musim kemarau ataupun sebaliknya mau tidak mau memaksa tubuh kita untuk beradaptasi. Biasanya, peyakit yang sering muncul pada masa ini adalah flu. Namun masih banyak yang menganggap bahwa penyakit flu adalah penyakit yang ringan. Sehingga banyak yang mengabaikannya atau bahkan tidak melakukan pengobatan.

Padahal, penyakit flu jika dibiarkan akan memicu timbul penyakit yang lebih parah. Influenza merupakan penyakit infeksi virus akut dan menular yang menyerang saluran pernapasan. Terdapat dua subtipe virus influenza yaitu subtype A dan B. Virus ini menyebar melalui udara dan kontak fisik. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat memicu kekambuhan penyakit penyerta seperti asma, atau infeksi sekunder karena bakteri. Komplikasi akibat penyakit flu lebih berisiko terjadi pada lansia, wanita hamil, anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun, pekerja medis, dan penderita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS, penyakit jantung atau paru kronis, dan asma.

Dilansir dari lama alodokter menyatakan bahwa menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), angka kejadian influenza mencapai 5 juta kasus per tahun dan angka kematian akibat penyakit ini mencapai 500.000 kasus.  Angka kematian tertinggi pada anak di bawah usia 5 tahun akibat penyakit ini disebabkan oleh infeksi paru-paru. Gejala influenza bisa berupa demam, meriang, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, lemas, nyeri otot, dan nyeri kepala.

Ada berbagai cara untuk mencegah penyakit tersebut. Dikutip dari autoimuncare.com cara pencegahan penyakit influenza yang mudah dan efektif, yaitu:

  1. Hindari merokok

Karena akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya menjadi lebih mudah terkena infeksi penyakit. Merokok juga akan menghancurkan kemampuan silia dalam menyaring sumber penyebab penyakit termasuk virus dan bakteri. Selain itu rokok juga menyebabkan risiko penyakit lain seperti kanker, jantung, dan penyakit kronis lain.

  1. Hindari berbagi perlengkapan makan dengan orang lain

Terutama dengan penderita flu karena sangat memudahkan penularan virus tersebut. Selain itu, gunakan perlengkapan makan yang benar-benar sudah bersih.

  1. Hindari stres

Perasaan tertekan yang berlebihan karena dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih lemah. Hal ini juga bisa menyebabkan penyakit lain yang sering menyerang akibat sistem kekebalan tubuh yang melemah.

  1. Istirahat dengan baik

Akan membantu tubuh melawan infeksi dan mencegah penyakit yang mudah menular. Istirahat dengan baik dan tidur cukup juga dapat membantu tubuh agar lebih produktif dan merasa nyaman saat melakukan berbagai kegiatan.

  1. Hindari berbagi perlengkapan mandi dengan orang lain

Karena menjadi perantara penularan flu yang sangat cepat. Hal ini harus dihindari bukan hanya untuk mencegah penyakit flu, melainkan juga penyakit lain seperti penyakit kulit.

  1. Gunakan masker

Untuk melindungi saluran pernafasan atas saat beraktivitas di luar rumah. Masker dapat memperkecil kemungkinan virus menyebar lewat udara. Namun kebersihan masker harus tetap diperhatikan dengan cara seringmengganti masker secara berkala.

  1. Biasakan mencuci tangan

Terutama setelah menggunakan fasilitas umum. Mencuci tangan akan mengurangi bakteri atau virus yang berada di tangan dan bisa masuk ke saluran mukosa. Hindari kebiasaan sering memegang wajah atau memasukkan jari ke hidung – karena terlalu sering memegang wajah atau hidung akan mempermudah penularan virus penyebab flu mudah masuk ke saluran hidung atau saluran pernafasan atas.

  1. Berolahraga secara teratur

Melatih kardiovaskuler secara teratur – berjalan, bersepeda, aerobik – meningkatkan sistem imun anda. Olahraga tidak dapat mencegah infeksi, tetapi jika anda terkena flu, anda akan lebih sedikit kemungkinannya terkena dampak yang parah dan sembuh lebih cepat daripada orang yang tidak fit.

  1. Lakukan Vaksinasi Influenza

Vaksin influenza merupakan perlindungan terbaik terhadap flu terlebih di saat musim pancaroba yang rentan menyebabkan flu. Vaksin influenza bekerja dengan cara membangun antibodi dalam tubuh seseorang untuk melawan virus influenza. Vaksin influenza butuh sekitar dua minggu untuk bekerja menciptakan antibodi dalam tubuh seseorang.

          Semua penyakit sebenarnya dapat kita cegah dengan membiasakan pola hidup sehat. Seperti peribahasa yang menyatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Karna apabila penyakit sudah menyerang tubuh kita pastinya akan menghambat produktivitas selain itu, pengobatannya juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

 

Sumber:

Alodokter.com

Autoimuncare.com

Cnnindonesia.com

 

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *