Sosialisasi Imunisasi MUI, Kemenkes dan Ormas Islam di 6 kota kabupaten

Imunisasi yang halal dan berkualitas (thoyib) menjadi tuntutan masyarakat  dan umat Islam. Imunisasi telah terbukti merupakan upaya yang cost effective  untuk mencegah penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan imunisasi. Imunisasi bagi generasi muda bertujuan mewujudkan generasi yang cerdas, berakhlak dan sehat agar menjadi penerus dalam membangun Indonesia. Untuk menuju ke arah ini, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui dialog interaktif langsung, sehingga diharapkan  masyarakat mengetahui manfaat imunisasi.

 

Pada November dan awal Desember 2011, MUI, Kemenkes dan Ormas Islam PP Aisiyah menyelenggarakan sosialisasi Imunisasi dengan tema mewujudkan generasi yang cerdas, berakhlak dan sehat di 6 kota dan kabupaten. Kota yang dituju antara lain :

 

Tanggal Pelaksanaan

Tempat

18 November 2011

Cirebon

 

26 November 2011

Rangkas Bitung

 

2 Desember 2011

Lumajang, Jatim

3 Desember 2011

Karanganyar, Jateng

3 Desember 2011

Bandung

3 Desember 2011

Singkawang

 

Acara ini memaparkan beberapa hal, diantaranya:

  • Sesuai dengan UU No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan pasal 132 (3) bahwa setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi.
  • UU No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak : Bahwa setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual dan sosial.

 

Sosialisasi tersebut bertujuan agar :

  • Masyarakat mengetahui manfaat imunisasi, penyakit – penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi
  • Masyarakat mengetahui fatwa MUI tentang kebolehan pemberian vaksin dalam keadaan darurat.
  • Masyarakat memiliki wadah untuk berdiskusi mengenai imunisasi dan vaksin
By

1 Comment

  1. Larissa  /  June 21, 2012, 2:17 am Reply

    Imunisasi bukan saja untuk maalahsh individu, tetapi ianya juga untuk maalahsh umum. Dengan adanya imunisasi, perebakan wabak penyakit mudah dikawal, ini mengurangkan risiko kecacatan dan kematian. Dari segi ketenteraan dan keselamatan negara, imunisasi akan memberikan warga yang sihat dan berdaya saing untuk mempertahankan negara. Sekarang ada negara barat yang sengaja menyimpan bakteria dan virus hanya untuk digunakan sebagai senjata biology. Ianya jimat, dan mudah digunakan tanpa pihak lawan menyedari tentang stategi ketenteraan ini. Nah.. fikirkan hal ini juga kerana maalahsh negara. Penyakit terutamanya jika terjadinya wabak, akan melumpuhkan ekonomi negara dan pertahanan negara. Fikir fikirkan hal ini kerana keputusan untuk memberi imunisasi anda pada anak anda akan menentukan keutuhan negara anda juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>