Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sumber Foto: Google
Sumber Gambar: Google

Cuaca yang tidak menentu akan membawa serta penyakit langganan seperti flu yang disertai batuk dan pilek. Penyakit tersebut tentunya akan membuat aktivitas terhambat terutama bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi. Untuk menyiasati hal tersebut, diperlukan upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan imunitas tubuh kita agar tidak mudah terpapar penyakit. Sebenarnya, tubuh kita memiliki sistem imun untuk melawan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit dan menurunkan daya tahan tubuh. Meski begitu, bukan berarti sistem imun ini tidak bisa gagal dalam menjaga kesehatan Anda. Terkadang, sistem imun dapat melemah jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat.

Berikut ini, akan diringkas tips apa saja yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita:

Perbanyak minum air putih

Air membantu membersihkan tubuh dan membuang toksin termasuk kuman. Dengan menjaga sistem tubuh khususnya sistem pernapasan tetap terhidrasi akan meningkatkan kemampuan tubuh melawan kuman penyebab penyakit.

Konsumsi sayur dan buah

Sayuran dan buah merupakan penyedia vitamin, mineral dan antioksidan terbaik. Vitamin, mineral dan antioksidan berfungsi membantu fungsi organ termasuk organ yang terlibat dalam sistem kekebalan tubuh.

Selain sayur dan buah, beberapa makanan ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu:

  • Brokoli
    Sayang rasanya jika Anda tidak memasukkan brokoli ke dalam menu harian. Bagaimana tidak? Brokoli merupakan salah satu makanan yang kaya akan mineral dan vitamin. Sebut saja antidioksidan, vitamin E, A, dan C, semuanya ada di dalam brokoli. Untuk mengolahnya pun Anda tidak perlu takut rumit. Cukup rebus sebentar, lalu santap selagi hangat. Nikmat!
  • Bayam
    Mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya, bahwa ternyata sayuran yang berwarna hijau segar ini juga kaya akan vitamin C. Bahkan, bayam juga mengandung beta karoten dan antioksidan. Dengan kandungan ini, bayam dapat membantu tubuh Anda dalam meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi.
  • Jeruk
    Berwarna oranye dan menyegarkan, jeruk termasuk terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan sel darah putih di dalam diri yang dapat berguna dalam melawan beragam infeksi. Tidak perlu terlalu bingung dalam memilih jeruk, karena hampir semua jenis jeruk memang kaya akan vitamin C.

Tidur yang cukup

Menghabiskan malam dengan menonton serial televisi atau berselancar di dunia maya memang menarik dilakukan. Namun menurut hasil riset mengungkapkan bahwa dampak dari kurangnya tidur di malam hari menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah. Hal tersebut memicu tubuh tidak mampu melawan serangan virus. Tidur telah dikaitkan dengan kadar hormon seimbang (termasuk hormon pertumbuhan manusia dan hormon stres, kortisol), menjaga berat badan turun, pemikiran yang jernih dan penalaran, mood membaik, dan bersemangat. Tidur yang cukup juga erat kaitannya dengan kulit yang sehat.

Rutin Berolahraga

Berolahraga adalah cara sederhana meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berolahraga secara teratur juga dapat mengurangi stress dan membantu mengurangi resiko osteoporosis, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Olahraga tidak hanya dapat dilakukan di tempat kebugaran tubuh saja, namun olahraga ringan pun sudah cukup asalkan dilakukan dengan teratur.

Konsumsi Bakteri Baik

Mikroorganisma bermanfaat berkoloni di usus, saluran kemih bawah,dan saluran pernapasan atas. Mikroorganisma baik ini berekompetisi dengan mikroorganisma jahat yang berpotensi membahayakian kesehatan. Anda dapat mengkonsumsi bakteri baik ini melalui produk dengan kultur hidup seperti yogurt. Suplemen probiotik dapat mengurangi resiko diare karena antibiotik, diare karena virus, vaginitis dan infeksi pernapasan.

Berhenti Merokok

Asap rokok sangat potensial memicu radang, meningkatkan mucus (lendir) pernapasan, dan menghambat cilia (rambut) hidung membersihkan lender hidung. Orang yang menghisap asap rokok beresiko tinggi terkena infeksi pernapasan, termasuk batuk, bronchitis, pneumonia, sinusitis, dan infeksi telinga bagian tengah.

Merawat diri sendiri

Luangkan waktu anda untuk memanjakan diri sendiri, berkumpul dengan teman, liburan atau pijat relaksasi. Jika Anda merasa diganggu dan memanifestasikan cemas, itu bisa menyebabkan sakit tenggorokan atau pilek. Beri kesempatan diri Anda untuk merasakan bahagia. Ambil “hari kesehatan mental” setiap beberapa bulan untuk memastikan kebutuhan emosional Anda terpenuhi. Bila Anda selalu senang, Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.

 

Sumber:

republika.co.id

cnnindonesia.com

olvista.com

alodokter.com

 

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *