Bahaya Tetanus bagi Tubuh

 

homeopathic-medicine-for-tetanus-lock-jaw-pic

Tetanus adalah kejang bersifat spasme (kaku otot) yang dimulai pada rahang dan leher. Kondisi ini disebabkan oleh racun berbahaya bakteri Clostridium tetani, yang masuk menyerang saraf tubuh melalui luka kotor. Clostridium tetani bisa bertahan hidup di luar tubuh dalam bentuk spora untuk waktu yang sangat lama. Mislanya, dalam debu, tanah, serta kotoran hewan maupun manusia. Spora Clostridium tetani umumnya masuk ke tubuh melalui luka yang kotor, contohnya luka akibat cedera, digigit hewan, paku berkarat, atau luka bakar.

Gejala Tetanus :

Tetanus sistemik merupakan jenis yang paling sering. Otot Anda dapat tegang dan kejang yang menyakitkan dalam 7 hari setelah luka atau masuknya bakteri. Bagian tubuh yang paling sering terkena yaitu rahang, leher, bahu, punggung, perut atas, lengan, dan paha. Rahang menjadi sulit dibuka dan leher menjadi sulit digerakkan karena kaku. Keluhan lainnya adalah sulit menelan, otot perut yang terasa keras. Otot wajah mengecil sehingga wajah keriput. Beberapa orang dengan kaku otot yang hebat, nyeri dirasakan pada seluruh tubuh. Penyakit ini dapat ringan (kram otot dengan sedikit kejang), sedang (kaku rahang dan sulit menelan), atau berat (kejang hebat atau henti napas). Tetanus lokal jarang terjadi. Gejala biasanya terjadi pada otot dekat luka.

Jenis – Jenis Tetanus :

Tetanus dikatakan terlokalisir bila mengenai bagian tubuh tertentu yang akan mengalami kejang lokal. Ini terjadi ketika tubuh hanya memiliki kekebalan parsial terhadap racun tetanus dan bisa menjadi tetanus umum yang menyebar ke bagian tubuh lain.

Tetanus cephalic terjadi akibat infeksi telinga tengah. Sama seperti tetanus terlokalisir, tetanus ini juga berpotensi menjadi tetanus umum.

Sementara tetanus neonatorum adalah tetanus yang dialami oleh bayi baru lahir karena proses penanganan persalinan yang tercemar spora bakteri tetanus. Jenis tetanus ini dapat terjadi karena kekebalan tubuh sang bayi terhadap tetanus masih lemah.

Penyebab Tetanus :

Infeksi luka, biasanya luka terbuka, dengan spora bakteri C. tetani dapat menyebabkan tetanus. Spora masuk ke luka kulit Anda, berkembang biak dan menghasilkan racun yang dapat menempel ke ujung serat saraf. Racun akan menyebar bertahap ke saraf tulang belakang dan otak. Racun mencegah sinyal kimia dari otak dan saraf tulang belakang ke otot. Tetanus dapat menyebabkan kejang yang selanjutnya dapat membuat Anda dapat berhenti bernapas dan meninggal.

Pencegahan Tetanus :

  • Vaksin tetanus

Sumber :

  • alodokter.com
  • hellosehat.com

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *