Bisa Menyerang Siapa Saja, Kenalilah Penyebab Hepatitis C

Suherni detikHealth

Jakarta, Hepatitis C bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Tetapi, sejauh ini masih banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan dari mana asal terjadinya hepatitis C.

Hepatitis C adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis C (HCV). Virus Hepatitis C masuk ke sel hati, menggunakan mesin genetik dalam sel untuk menduplikasi virus Hepatitis C, kemudian menginfeksi banyak sel lainnya.

“Hepatitis C di Indonesia masih menjadi masalah, sekitar 2,2 persen dari seluruh populasi, sekitar 5 juta orang terinfeksi hepatitis C,” ujar Presiden Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), DR Dr Rino A Gani, SpPD, KGEH, FINASIM.

Hal itu dia ungkapkan saat acara peringatan Hari Hepatitis Sedunia 2013 oleh Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), Unit Transfusi Darah PusatPalang Merah Indonesia (UTDPPMI) dan PT Roche Indonesia, yang diadakan Energy Cafe, Energy BuildingMezzanine Floor, Sudirman Central Business District Lot 11A, Jl Jenderal Sudirman Kav. 5253, Jakarta, dan ditulis pada Rabu (24/7/2013).

Hepatitis C merupakan virus yang menyerang lebih dari 180 juta orang di seluruh dunia. Bahkan menurut data WHO, pasien Hepatitis C berjumlah 4 kali lebih banyak daripada pasien HIV.

Hepatitis C biasanya menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi virus, penggunaan jarum suntik yang sama secara berulangulang, tato, tindik, alat cukur yang tidak steril, transfusi darah, serta aktivitas seksual yang dilakukan bukan dengan pasangan alias free sex. Namun orang yang paling banyak ditemukan terinfeksi hepatitis C ialah pengguna narkotika.

“Mereka yang menggunakan narkotika terinfeksi virus hepatitis C sebanyak 80 persen karena menggunakan jarum bersamasama,” terang Dr Rino.

Terinfeksi hepatitis C menjadi salah satu faktor risiko terbesar terbentuknya kanker hati, karena sekitar 25 persen dari kasus kanker hati disebabkan oleh hepatitis C yang tidak terobati. Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi hepatitis C, namun hepatitis C bisa disembuhkan dengan pengobatan secara tepat.

(hrn/vit)

Sumber : http://health.detik.com/read/2013/07/24/025543/2312200/763/bisamenyerangsiapasajakenalilahpenyebabhepatitisc?l992205755

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *