Bunda Harus Tahu…

buah hatiBunda Harus Tahu…

 

Kegiatan pemerintah melalui Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mewajibkan lima jenis vaksin bagi anak-anak Indonesia,hal tersebut di tunjang dengan produk vaksin yang di hasilkan oleh PT.Bio Farma.Dimana produk vaksin tersebut adalah produk yang selalu digunakan ketika diadakan imunisasi.

Pentingnya pengetahuan akan jenis imunisasi yang harus di berikan pada bayi adalah hal yang sangat berharga bagi para calon ibu.Imunisasi merupakan salah satu bentuk kasih saya orang tua dalam melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit.D ewasa ini banyak orang tua yang tidak mengerti akan manfaat pemberian imunisasi pada anak,oleh karena itu informasi ini akan sangat berguna.

Lalu imunisasi apa saja yang harus di berikan kepada bayi?

  1. 1.      BCG (Bacille Calmette-Guérin)

Vaksin ini diberikan kepada bayi sejak lahir dan tindak lanjutnya ketika bayi berusia tiga bulan,vaksin ini di berikan untuk pencegahan penyakit tuberculin atau TBC.

  1. 2.      Hepatitis B

Vaksin ini diberikan tiga kali,yaitu pada waktu 12 jam setelah lahir,ketika berumur 1 bulan dan ketika menginjak 3-6 bulan.

  1. 3.      Polio

Vaksin polio diberikan pada saat bayi lahir,selanjutnya di berikan pada saat berumur 2,4 dan 6 bulan yang kemudian diulang pada usia 18 bulan sampai 5 tahun.Hal tersebut di lakukan mengingat sangat membahayakannya penyakit ini.

  1. 4.      DTP

Tujuan dari pemberian vaksin ini adalah untuk mencegah tiga penyakit sekaligus yaitu difteri,tetanus dan pertussis.Pemberiannya dilakukan pada saat bayi berumur lebih dari 6 minggu lalu dilanjutkan pada saat bayi berumur 4 dan 6 bulan yang kemudian di ulang pada saat 18 bulan dan 5 tahun serta pada usia 12 tahun.

  1. 5.      Campak

Imunisasi campak di berikan pada saat anak anda berusia 9 bulan dan pada usia 6 tahun.

Pentingnya informasi mengenai jenis imunisasi akan sangat di butuhkan bagi para ibu sebagai upaya preventif dan sebagai bentuk sayang dari ibu ke anak.Untuk itu alangkah baiknya kita terus menyampaikan informasi ini agar semua ibu dapat mengetahuinya.(SLV)

Sumber :

 

http://www.parenting.co.id/article/bayi/5.imunisasi.wajib.bagi.bayi/001/002/252

http://www.parenting.co.id/article/bayi/imunisasi.wajib.vs.yang.dianjurkan/001/002/195

http://posyandu.org/jenis-imunisasi.html

http://health.detik.com/read/2013/05/08/191258/2241579/775/2/imunisasi-ini-wajib-diberikan-pada-bayi-anda

 

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>