CAMPAK SEKALI SEUMUR HIDUP, BENARKAH???

CampakApakah anda pernah mengalami sakit campak? Sakit campak yang merupakan sakit yang ditandai dengan panas tinggi disertai benjolan-benjolan berair disekujur tubuh ini sangat ditakuti oleh banyak orang, karena di anggap sangat merisihkan dan meninggalkan bekas. Bagi sebagian orang yang sudah pernah mengalaminya merasa tak takut lagi karena sakit cacar dari jaman dahulu sampai sekarang dianggap hanya terjadi sekali seumur hidup. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Perlu kita ketahui bahwa campak itu ada dua jenis, yaitu campak biasa (yang biasa di sebut campak) dan yang kedua adalah campak Jerman (Campak tiga hari) . Campak Jerman dan campak merupakan penyakit yang sama sama di sebabkan karena virus. Namun, virus keduanya tidak sama. Dimana campak disebabkan oleh virus robeolla dan campak jerman disebabkan oleh virus rubella

Berikut adalah gejala-gejala dari timbulnya campak

  1. Campak (measles)

Biasanya gejala mulai muncul setelah satu setengah hingga dua minggu seseorang berkontak dengan penderita campak. Banyak penderita tidak menyadari hal tersebut karena virus rubeolla merupakan virus yang paling menular. Gejala awal biasanya ditandai dengan demam, lemas, batuk, mata merah, hidung berlendir serta hilangnya nafsu makan. Setelah itu, 2-4 hari kemudian akan timbul bercak merah pada tubuh dimana biasanya dimulai dari muka, badan kemudian tangan dan kaki. Namun tidak selalu bercak yang timbul terasa gatal, kadang hanya terasa gatal di beberapa bagian saja. Bagaimanapun kita harus tetap waspada karena dampak terburuk dari campak adalah menyebabkan kematian.

2.   Campak Jerman

Keluhan yang terjadi pada campak jerman biasanya lebih ringan daripada campak (measles). Pada campak jerman, biasanya ditandai dengan badan yang terasa hangat, lemah, sakit kepala dan mata merah. Kemudian timbul bercak merah pada tubuh. Yang paling menganggu dari campak jerman adalah gejala nyeri sendi, di bagian pergelangan tangan, kaki dan lutut. Nyeri sendi bisa terjadi dalam beberapa minggu. Dan yang paling ditakutkan adalah ketika campak jerman menyerang pada ibu hamil, karena dapat menyebabkan cacat pada janin.

 

Jadi, penyakit campak dapat dicegah melalui vaksin campak yang merupakan salah satu bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Oleh karena itu, marilah kita selalu meningkatkan kesadaran diri tentang pentingnya pencegahan penyakit campak. (ZA)

 

Sumber: http://www.emedicinehealth.com/measles/article_em.htm#Measles Overview

http://en.wikipedia.org/wiki/Measles

http://emedicine.medscape.com/article/966220-

overview

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>