Imunisasi Bermanfaat dan Penting untuk Mencegah Penyakit Berbahaya pada Bayi dan Balita ( 2 ) lanjutan

baby-vaccinations-20766358

source : www.cafemom.com

Setiap hari imunisasi dilakukan di seluruh dunia,

dikaji dan di awasi para ahli dan badan pemerintah semua negara

dr. Soedjatmiko, SpAK (MSi)

Sekretaris Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

Anggota Indonesia Technical Advisory Group for Immunization

 Setiap hari di seluruh dunia bayi dan anak diimunisasi

Sampai saat ini menurut data WHO sekitar 194 negera maju maupun sedang berkembang tetap melakukan imuniasi rutin pada bayi dan balitanya. Di Eropa imunisasi rutin dilakukan di 43 negara, Amerika 37 negara,  Australia dan sekitarnya 16 negara, Afrika di 53 negara, Asia 48 negara, ( sumber : www.devinfo.info/immunization).

Negara maju dengan tingkat gizi dan lingkungan yang baik tetap melakukan imunisasi rutin pada semua bayinya, karena terbukti bermanfaat untuk bayi yang diimunisasi dan mencegah penyebaran ke anak di sekitarnya.

Setiap tahun sekitar 85 -95 % bayi di negara-negara tersebut mendapat imunisasi rutin, sedangkan sisanya belum terjangkau imunisasi karena menderita penyakit tertentu,  sulitnya akses terhadap layanan imunisasi, hambatan jarak, geografis, keamanan, sosial- ekonomi dan lain-lain.

Di semua negara vaksin  dikaji dan di awasi oleh tim ahli dan pemerintah

Sebelum vaksin diprogramkan di suatu negara,  tentu terlebih dahulu dikaji mendalam oleh para ahli profesional (mikrobiologi, imunologi, farmakologi, toksikologi, epidemiologi, klinisi dll)  dan oleh pemerintah (departemen kesehatan, badan pengawas makanan, obat dll).  Setelah para ahli profesional dan badan-badan pemerintah menyimpulkan pentingnya manfaat vaksin tersebut, maka vaksin tersebut dijadikan program di negara tersebut.

 Tidak ada satupun negara di dunia melarang program vaksinasi

            Sampai saat ini tidak ada satupun negara yang melarang program vaksinasi atau tidak melakukan vaksinasi di negaranya. Berarti semua ahli-ahli di dunia dan pemerintah-pemerintah di negara tersebut yakin dan sepakat  bahwa program vaksinasi bermanfaat dan penting untuk menurunkan angka kesakitan kematian dan kecacatan akibat penyakit-penyakit berbahaya.

Memang ada satu negara yang menghentikan sementara penggunaan lokal vaksin tertentu, sambil menunggu hasil penelitian. Tetapi program vaksinasi lainnya tetap berjalan seperti biasa, hanya vaksin tertentu itu yang dihentikan sementara. Namun di negara lain vaksin itu tetap digunakan sampai sekarang, karena di negara lain tidak ada masalah. Bila hasil penelitian menyimpulkan tidak ada masalah, kemudian vaksin itu digunakan seperti biasa secara luas.

 to be continue…..part  (3 )

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>