Bayi Tidak Vaksin Aman atau Tidak

Pertanyaan :

Orang tua saya memberitahukan untu tidak melakukan imunisasi kepada anak saya karena melihat berbagai pemberitaan di televisi. Saya ingin bertanya kepada dokter apakah benar bayi atau anak yang tidak divaksin akan tetap sehat?apakah boleh seorang bayi tidak divaksin?

Jawaban :

Imunisasi merupakan pemberian antibodi secara aktif dengan bakteri atau virus yang lemah/mati, sehingga tubuh membuat daya tahan secara aktif. Diharapkan saat terserang virus atau bakteri yang ganas, tubuh sudah mempunyai antibodi dan tubuh menjadi kebal terhadap penyakit tersebut. Hingga saat ini, imunisasi merupakan tindakan preventif paling efekif dalam pencegahan penyakit menular meskipun belum semua penyakit ada vaksinnya.

Memang ada beberapa vaksin yang memiliki efek samping panas, sehingga orang tua tidak mau memberikan vaksin pada anaknya. Namun, efek samping panas tersebut sangat ringan bila dibandingkan dengan serangan penyakit itu sendiri.Para orang tua tidak khawatir karena dalam memberikan vaksin, dokter atau petugas kesehatan harus memberikan penjelasan manfaat dan efek samping vaksin. Vaksin tersebut harus kondisi baik, tidak rusak atau kadaluarsa, karena vaksin mudah rusak bila penyimpanan tidak benar. Vaksin yang wajib di Indonesia sesuai dengan program Imunisasi Nasional, yaitu vaksin BCG, DPT, Polio, Hepatitis B dan Campak.

 

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>