Jadwal Pemberian Imunisasi

Pertanyaan :

Apakah anak atau bayi yang akan diberikan imunisasi harus sesuai dengan jadwal?apa alasannya dan bagaimana kalau tidak sesuai dengan jadwal?

Jawaban :

Pemberian imunisasi itu harus diberikan sesuai dengan jadwal. Karena itu pemberian vaksin tersebut telah dijadwalkan dari urutan I – III. Hal ini berdasarkan dengan angka sering kejadian penyakit tersebut di usia yang tertentu pula. contoh vaksin DPT harus diberikan pada usia 2, 3, dan 4 bulan karena pada usia tersebut penyakit ini biasa berjangkit. Pemberian vaksin yang sesuai jadwal saja tidak bisa melindungi anak dan bayi 100 persen. contoh 3 kali suntikan imunisasi DPT hanya bisa memberikan perlindungan 90 persen. Jadi kalau hanya satu kali saja dilakukan atau tertunda, maka efek perlindungannya pun semakin kecil (sekitar 30 persen). Hal ini pula bisa memungkinkan dampak terkena penyakit menjadi semakin besar. Jadi, imunisasi tetap harus diberikan sesuai dengan jadwal dan tidak ada istilah “hangus”.

 

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>