Pemberian Imunisasi DPT Terlambat

Pertanyaan :

Dok, anak saya berusia 2 tahun baru saja menerima imunisasi DPT 1. Sedangkan untuk DPT 1,dan DPT 2 belum diberikan. Apakah pemberian vaksin tersebut harus saya lengkapi dan Adakah batasan waktunya?

Jawaban :

Jadwal imunisasi diadakan agar pemberian imunisasi pada anak dapat efektif dan efisien. Dikarenakan jumlah jenis imunisasi yang banyak dikhawatirkan orangtua maupun petugas kesehatan dapat kelupaan dalam memberikan imunisasi. Jadwal imunisasi tiap negara pun berbeda. Di Indonesia, ada 2 kelompok imunisasi, kelompok pertama yaitu imunisasi dasar wajib dilakukan sebelum anak berusia 1 tahun. Terdiri dari 5 jenis yaitu Hepatitis B, BCG, DPT, Polio, Campak. Sedangkan kelompok yang ke-2 adalah imunisasi yang dianjurkan, sifatnya sebagai imunisasi tambahan. Jenis imunisasi ini antara lain MMR, Hib, Tifus (demam Tifoid), HPV, Rotavirus, dan Cacar Air. Pemberian imunisasi DPT yang masih kurang harus dilengkapi sampai 5 kali untuk memperkuat daya tahan anak terhadap penyakit tersebut. Batasan waktu untuk melengkapi imunisasi DPT yaitu sampai anak berusia 12 tahun. Memang baiknya imunisasi dilakukan pada saat anak dalam keadaan sehat.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>