Ayo Mengenal Lebih Dekat Vaksinasi

Rumah Vaksinasi akan member pencerahan terkait pentingnya vaksin sebagai upaya ikhtiar kepada Allah SWT

Masih adanya pemahaman sebagian orang terkait belum pentingnya vaksin sebagai kebutuhan hidup disadari betul para penggiat vaksin. Karena itu, mereka pun terus mengampanyekan hal tersebut.

Belum lagi dimasyarakat juga vaksinasi kerap dikaitkan dengan isu agama yang dikaitkan dengan haram dan halal. Beberapa hal itulah yang nampaknya kencang beredar di masyarakat, mulai dari kedaran dan pemahaman yang keliru terhadap vaksinasi.

Bagi Rumah Vaksinasi fenomena itu merupakan sebuah tantangan. Rumah vaksinasi menilai kondisi itu merupakan penghambat sebagian masyarakat Indonesia dalam melakukan vaksinasi.

Oleh karenanya, kampanye tentang pentingnya vaksinasi tidak hentihentinya disembunyikan kepada masyarakat dengan berbagai media. Tidak hanya itu, sebagai tindakan nyata Rumah Vaksinasi yaitu mengajak masyarakat untuk berkunjung langsung ke tempat produse pembuat vaksin satusatunya di Indonesia yakni PT Bio Farma.

Sekitar 270 orang mulai dari Jabodetabek, Bandung, Cilegon, Malang, tidak hanya Ayah dan Ibu, namun juga dihadiri beberapa dokter anak dari satgas Imunisasi IDAI. Kepala Dinkes Cilegon dan jajajarannya, serta praktisi kesehatan dan vaksin dari beberapa kabupaten Cianjur Selatan.

Ayah ibu dan anak dari berbagai daerah berkesempatan untuk melihat vaksin di Bio Farma. Kunjungan ini memang dimaksudkan untuk mencerdaskan masyarakat agar mereka tahu vaksin diproduksi seperti apa. Selama ini kan hanya tahu dan baca dari internet, makanya kita ajak kesini, kata dr. Ahmad Tawakkal dari Rumah Vaksinasi disela kunjungannya ke Bio Farma, Ahad (11/1) lalu.

Ahmad mengungkapkan, kunjungan kedua Rumah Vaksinasi ke Bio Farma antara lain untuk meluruskan pemahaman sebagian besar masyarakat awam terhadap vaksinasi. Mereka akan disosialisasikan bahanbahan pembuat vaksin itu sendiri dan bagaimana cara pembuatannya, selain juga diberikan penyuluhan akan pentingnya vaksin itu sendiri bagi tubuh manusia.

Selama ini, kata Ahmad, masih banyak orang yang belum tahu betul apa kegunaan vaksin bagi tubuh. Kita bawa mereka kesini juga bentuk pencerdasan kepada masyarakat, selama ini kita berfokus pada pengobatan, nah kita mau setelah ini mereka akan berfokus pada pencegahannya, kata Ahmad.

Dilanjutkan Ahmad, pada kunjungan kedua ini juga animo masyarakat yang tergabung dalam Rumah Vaksinasi meningkat dari kunjungan Maret lalu seikitar 180 orang. Menurutnya, hal itu menyiratkan banyak masyarakat yang sebenarnya juga ingin mengetahui lebih banyak tentang pentingya vaksinasi.

Oleh karenanya, Rumah Vaksinasi bersama dengan dr. Piprim Basarah Yanuarso akan terus menggencarkan kampanye pentingnya vaksinasi.

Sementara Direktur Pemasaran PT Bio Farma Mahenra Suhardono mengapresiasi bentuk kampanye vaksinasi yang dilakukan oleh Rumah Vaksinasi. Menurutnya, Bio Farma akan terus mendorong berbagai kegiatan demi menunjang kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi termasuk dengan upaya melihat produksi langsung di pabriknya.

Menurutnya, era saat ini bukan hanya berfokus pada pengobatan, tetapi lebih terhadap pencegahaannya. Yang bagus tentu kita dorong, dalam rangka menyiapkan bangsa untuk pencegahan, era sekarang kan pengobatan mahal, makanya kita dorong juga pencegahan melalui vaksinasi, ujar Mahendra.

Oleh karenanya, jenisjenis kampanye yang dilakukan oleh Rumah Vaksinasi ini juga perlu di apresiasi, mengingat akan ada generasigenerasi sehat melalui gerakan ini. Ia juga berharap gerakangerakan semacam ini muncul diberbagai daerah di Indonesia.

Harapannya makin banyak bersamasama melalui media social atau jaringan masingmasing, secara nasional, kita sinegikan untuk melawan orangorang yang kurang paham terhadap vaksinasi, ujarnya.

Sumber : Koran Republika

 

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *