Cara mengatasi anak rewel setelah di vaksinasi TANYA DOKTER

  1. Setelah vaksinasi, biasanya anak akan menjadi rewel. Bagaimana cara mengatasinya

Jawab           : Manfaat imunisasi memang tidak dapat diragukan lagi akan tetapi beberapa orang tua khawatir ketika setelah imunisasi, anaknya menjadi rewel dan mengalami peningkatan suhu badan. Biasanya bayi dan balita yang mendapatkan vaksinasi memiliki reaksi yang berbeda – beda. Ada yang demam ringan, demam tinggi namun juga ada yang tidak mengalami demam sama sekali. Rewel pasca imunisasi biasanya dikarenakan rasa tidak nyaman di daerah suntikan dan perubahan suhu badan karena demam. Adapun yang dapat dilakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman sang buah hati diantaranya yaitu :

  • Memberikan ASI sesering mungkin. Kandungan ASI memiliki zat yang dapat menggurangi peningkatan suhu badan.
  • Mendekap bayi, dengan memberikan dekapan, bayi akan merasa nyaman & meningkatkan zat anti nyeri sehingga menurunkan rasa sakitnya.
  • Memberikan kompresan air hangat untuk mengurangi pembengkakan pasca suntikan. Kebanyakan bayi merasa nyeri ketika bekas suntikan tersentuh sehingga membuat tidak nyaman.
  • Pantau selalu perkembangan peningkatan atau penurunan suhu tubuhnya.

 

Sumber :  disarikan dari berbagai sumber

 

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>