Efek pada Bayi Jika Memberikan Vaksin 2 Kali

Pertanyaan :

Apakah ada efek jika seorang Bayi berusia beberapa minggu divaksin sebanyak 2 kali dengan vaksin atau imunisasi yang sama? Bayi saya pertama divaksin di rumah sakit dan yang kedua saat kontrol ke bidan. Setahu saya imunisasi tidak boleh diberikan dua kali (double). Mohon pencerahaan informasi dari dokter. Terima Kasih

Jawaban :
Pemberian vaksin bertujuan untuk membentuk antibodi pada tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit menular. Dengan adanya hal tersebut, maka pemberian suatu vaksin harus dengan cara, waktu dan dosis yang tepat. Pemberian vaksin yang tepat dapat mencapai daya imun yang baik pada seorang anak.

Setiap pemberian imunisasi hendaknya dicatat dalam buku khusus, sehingga orangtua dapat mengetahui imunisasi apa saja yang sudah diberikan pada bayi. Bila perlu orang tua bertanya kepada petugas atau dokter setiap imunisasi yang akan diberikan pada anaknya. Hal ini agar pemberian imunisasi yang sama dalam waktu dibawah 1 bulan tidak terulang.

Bila yang dimaksud imunisasi yang sama diberikan pada saat lahir, kemungkinan besar yang diberikan imunisasi hepatitis B. Pemberian yang normal hepatits B 1 dan hepatitis B 2 diberikan jarak 4 minggu. Bila pemberian vaksin hepatitis B 2 dengan jarak kurang 4 minggu, maka nantinya vaksin hepatitis B 2 ini akan kurang optimal. Tetapi belum ada keluhan efek samping vaksin akibat pemberian imunisasi hepatitis B 2 dalam beberapa minggu.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *